Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Hukuman Pidana Penting dalam Menjaga Keadilan?

Diperbarui: 12 September 2024   08:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Hukuman pidana sangat memiliki peran penting dalam menjaga sistem peradilan dan masyarakat.Tujuan utamanya yaitu untuk menegakkan hukum, melindungi masyarakat, serta memberikan keadilan kepada korban dan pelaku. Adapun beberapa alasan betapa pentingnya hukuman pidana dalam menjaga keadilan.

1. Mencegah Kejahatan (Deterrence)

Dalam mencegah kejahatan Hukuman pidana bertindak sebagai pencegah bagi individu atau kelompok yang mungkin berniat melakukan tindak pidana. Ketika masyarakat mengetahui bahwa pelanggaran hukum akan dihukum dengan tegas, maka mereka lebih cenderung mematuhi hukum. Ini dapat menciptakan rasa takut dalam melakukan kejahatan, sehingga dapat mengurangi potensi pelanggaran di masa mendatang.

Salah satu contoh hukuman yang berat untuk pelanggaran seperti pembunuhan atau perdagangan narkoba memberikan pesan bahwa kejahatan serius akan ditindak tegas. Sehingga dapat membantu mengendalikan tingkat kejahatan dalam masyarakat.

2. Menyediakan Rasa Keadilan bagi Korban

Pada kejadian dalam menegakkan keadilan Korban kejahatan sering kali merasa terluka baik secara fisik maupun emosional. Sedangkan hukuman pidana terhadap pelaku memberikan kepuasan moral bahwa pelaku telah bertanggung jawab atas perbuatannya.sehingga korban dan keluarganya merasa terbantu bahwa hukum melindungi mereka dan memberikan balasan yang setimpal.

Keadilan retributif artinya secara singkat beratnya hukuman sebanding dengan beratnya kejahatan dan ini sangat penting untuk mengembalikan rasa kepercayaan korban terhadap sistem hukum. Hukuman yang dijatuhkan kepada pelaku adalah bentuk pengakuan bahwa tindakan tersebut salah dan tak dapat diterima di masyarakat.

3. Rehabilitasi bagi Pelaku

Dalam penegakan hukuman, sistem pidana juga bertujuan untuk merehabilitasi pelaku agar mereka dapat kembali ke masyarakat dengan perilaku yang lebih baik. Dalam beberapa kasus, pelaku tindak pidana adalah orang yang memerlukan bantuan dalam mengatasi masalah psikologis, kecanduan, atau keadaan sosial yang buruk. Program rehabilitasi dalam penjara atau sebagai bagian dari hukuman bersyarat membantu pelaku menyadari kesalahannya dan mempersiapkan diri untuk hidup yang lebih produktif setelah menjalani hukuman. Pendekatan ini tidak hanya menguntungkan pelaku, tetapi juga masyarakat, dengan mengurangi kemungkinan residivisme atau pengulangan kejahatan.

4. Untuk menegakkan Aturan Hukum

Hukum pidana adalah pilar utama dalam penegakan aturan di masyarakat. Tanpa adanya hukuman yang tegas dan jelas, sistem hukum tidak akan memiliki kekuatan untuk menegakkan peraturan. Hukuman pidana memberikan otoritas hukum untuk memastikan bahwa hukum dipatuhi oleh semua orang. Kepatuhan pada hukum ini menciptakan tatanan sosial yang aman dan tertib, di mana individu dapat hidup tanpa takut akan kejahatan. Dengan menegakkan aturan hukum, sistem pidana membantu menciptakan masyarakat yang adil dan seimbang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline