Lihat ke Halaman Asli

Fikri Idzad

Menulis untuk memanusiakan manusia

Kegiatan PLP2 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di SMAN 1 Cijeruk

Diperbarui: 2 Maret 2022   23:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan PLP2 atau magang ini dilakukan untuk memenuhi mata kuliah, pada mata kuliah ini mahasiswa harus melakukan magang mengajar langsung berada dalam kelas dan dinilai oleh guru pamong dan juga dosen pembimbing kegiatan ini. Jumlah mahasiswa pada kegiatan magang ini berjumlah 6 orang, yaitu Muhammad Idzad Fikri, Nevifah Bella Hanissa, Nur Alfiah Laila, Nur Azizah, Nila Rosana dan Isna Fitra. Dengan sambutan ramah yang diberikan oleh Bidang kurikulum dan kepala sekolah serta jajaran sekolah lainnya membuat kami merasa senang dan bersemangat. 

Pada kegiatan PLP2 ini kegiatan ini dilakukan di SMAN 1 Cijeruk yang berada di Kabupaten Bogor. Pada kegiatan PLP2 ini mahasiswa diberikan tugas atau kewajiban untuk mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan bimbingan serta pembekalan materi tentang mengajar maka pada kegiatan ini mahasiswa dapat melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas. 

Dokpri

Dengan pembekalan yang diberikan, mahasiswa dapat melangsungkan proses pembelajaran dengan kondusif, serta evaluasi yang diberikan oleh guru pamong dalam proses pembelajaran maupun pembuatan RPP membuat mahasiswa merasa senang dan mahasiswa diberikan masukan yang membangun untuk menjadikan bahan pembelajaran. 

Dokpri

Peserta didik yang ada di SMAN 1 Cijeruk juga dapat diajak kerjasama dalam kegiatan PLP2 ini atau magang. Proses belajar mengajar juga terasa sangat gembira dan menyenangkan karena suasana yang dibangun di dalam kelas dirasa cukup bagus. Kegiatan mengajar kami tidak hanya mengajar biasa, melainkan melakukan prakter dan evaluasi kepada mahasiswa atau memberikan penilaian sesuai dengan RPP dan pedoman yang diberikan oleh pihak sekolah. 

Dokpri

Kegiatan magang ini juga terintegritas dengan KKN, jadi kamu harus cerdas untuk memenjemen waktu. Dengan adanya dua kegiatan yang digabung menjadi satu membuat kami mendapatkan pelajaran cara mengatur dan mengolah waktu menjadi bermanfaat. Pada kegiatan ini kami sebagai mahasiswa yang sedang mencari dan mendalami ilmu menjadi guru yang baik dan sesuai dengan aturan dirasa mendapatkan semua pelajaran yang seharusnya didapatkan. Dengan dukungan guru pamong serta masukan membuat kami merasa demikian. 

Dengan adanya kegiatan PLP2 ini kami sebagai mahasiswa menjadi mengetahui bagaimana mengajar langsung dengan peserta didik yang nyata dan merasakan langsung interaksi antara guru dengan murid. Proses mengajar di dalam kelas lah yang dapat membentuk mental dan kemampuan kami dalam melaksanakan pembelajaran didalam kelas. 

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ilmu dan pengalaman kami sebagai calon guru dan dapat amanah dalam melaksanakan kewajiban sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Kami mahasiswa Uhamka yang melaksanakan kegiatan PLP2 di SMAN 1 Cijeruk mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada semua jajaran sekolah yang telah menerima kami untuk melakukan magang di sekolah tersebut dan memohon maaf atas kekurangan dan kesalahan kami jika dalam kegiatan mengajar didalam kelas terdapat kesalahan yang disengaja maupun tidak. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline