Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN BTV3 UNEJ: Pendampingan Digital Marketing pada Produk Sale Pisang Barlin

Diperbarui: 11 September 2021   21:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebelum adanya KKN BTV3  UNEJ produksi Sale pisang Barlin milik Ibu Siti kurang berkembang, dikarenakan Ibu Siti tidak menggunakan teknik Digital Marketing pada pemasaran dan promosi. Ibu siti mempromosikan produknya secara konvensional atau biasa disebut dengan promosi dari mulut ke mulut. 

Ibu siti memulai promosi dari teman atau saudara  terdekat, dan kemudian orang tersebut akan mempromosikan produk Ibu Siti ke orang lain. Dengan adanya KKN BTV3 UNEJ penulis akan memperkenalkan teknik-teknik Digital Marketing dan cara jitu berpromosi serta menarik pembeli.

Pada Minggu kedua penulis mulai melakukan program kerja pertama, yaitu melakukan sosialisasi Protokol Kesehatan dan terlibat dalam proses produksi Sale Pisang Barlin. Di saat pandemi Covid-19 protokol kesehatan sangatlah penting, terutama pada pelaku usaha kecil seperti Ibu Siti. Produk yang diolah harus mengutamakan kebersihan agar makanan yang akan masuk ke tubuh tidak mengandung kuman dan bakteri. 

Ibu Siti pun menyadari bahwa pelaku usaha makanan harus mementingkan protokol kesehatan, apalagi disaat Pandemi Covid-19 seperti sekarang. 

Setelah penulis mensosialisasikan protokol kesehatan kepada Ibu Siti, keesokan harinya penulis melanjutkan program kerja yaitu terlibat dalam proses pembuatan Sale Pisang Barlin. Saat proses produksi Ibu Siti sangat memperhatikan protokol kesehatan yang penulis sudah sosialisasikan. 

a. Sosialisasi Protokol Kesehatan kepada Ibu Siti sebagai Mitra

img-20210821-092927-613cb9eb0101900d3b1c5392.jpg


  b. Terlibat dalam Proses Produksi Sale Pisang Barlin 

whatsapp-image-2021-09-10-at-12-25-28-613cb7fb0101905fbd278aa2.jpeg


Pada Minggu ke Tiga penulis melakukan edukasi pelatihan mengenai Digital Marketing (pembutan akun instagram dan teknik berpromosi pada sosmed). Di awal minggu ke tiga penulis membuatkan akun bisnis Sale Pisang Barlin di Instagram. Ibu Siti sangat antusias ketika penulis membuatkan akun khus bisnis untuk instagram. 

Sebelumnya Ibu Siti belum mempunyai akun instagram khusus. Beliau tidak bisa membagi waktu antara mengendalikan instagram khusus dan akun WA. Akun instagram yang dibuat khusus untuk bisnis, yaitu hanya dijadikan sebagai alat bantu memasarkan produk Sale Pisang Barlin. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline