Lihat ke Halaman Asli

Figo PAROJI

Lahir di Malang 21 Juni ...... Sejak 1997 menjadi warga Kediri, sejak 2006 hingga 2019 menjadi buruh migran (TKI) di Malaysia. Sejak Desember 2019 kembali ke Tanah Air tercinta.

TKIJ-BP, Komunitas Sosial TKI di Malaysia

Diperbarui: 11 Februari 2016   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semangat kebersamaan dalam sebuah ikatan tali persahabatan dan persaudaraan sebagai sesama anak bangsa di perantauan perlu ditumbuh kembangkan.  Untuk itu, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di kawasan Batu Pahat Johor bersepakat membentuk sebuah cabang komunitas sosial yang diberi nama Tenaga Kerja Indonesia Johor - Batu Pahat (TKIJ-BP) di Batu Pahat Johor Malaysia.

Bencana kebakaran rumah pekerja, banjir, sakit, dan kematian yang dialami  TKI seringkali diluar jangkauan dan perhatian perwakilan pemerintah kita di negara penempatan. Atas dasar itulah TKIJ-BP dibentuk, dengan sebuah keinginan yang tulus agar dapat saling membantu dan menolong sesama buruh migran  pada saat mengalami kesusahan di perantauan.

Bertempat di salah satu rumah TKI di Batu Pahat, pada hari Senin, 01/02/2016 kepengurusan TKIJ-BP terbentuk.  Wira Wijaya, TKI asal Trenggalek Jawa Timur dan Mira Qaumil, TKI asal Pati Jawa Tengan disepakati sebagai ketua dan sekretaris. Dibentuk pula koordinator di tiga belas wilayah dengan diketuai oleh seorang ketua koordinator di masing-masing wilayah.

TKIJ-BP  merupakan cabang dari komunitas sosial Tenaga Kerja Indonesia Johor (TKIJ) yang berpusat di Johor Baharu Johor. Dibawah koordinasi TKIJ, bersama dengan komunitas-komunitas sosial lainnya, TKIJ-BP berusaha menjalin komunikasi dan koordinasi , termasuk koordinasi dengan KJRI  Johor Baharu , agar setiap permasalahan yang dihadapi TKI di kawasan tersebut dapat memperoleh perhatian dan penyelesaian.

Sebelum TKIJ-BP terbentuk, TKI di kawasan Batu Pahat sudah sering ikut melakukan kegiatan sosial bersama-sama dengan komunitas sosial lainnya. Mengingat luasnya wilayah Johor, dibentuknya TKIJ-BP bertujuan untuk lebih memberi perhatian terhadap setiap permasalah TKI yang selama ini belum terjangkau oleh TKIJ yang berpusat di ibukota Johor di Johor Baharu.

Sebuah kegiatan positif yang tidak hanya patut mendapat acungan jempol, tetapi juga sebagai jawaban atas pandangan dan stigma negatif  yang menempel atau sengaja ditempelkan kepada TKI oleh sebagian masyarakat dan oknum penyelenggara negara yang menganggap TKI memalukan dan merendahkan martabat bangsa.

@penulis adalah TKI di Malaysia



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline