Lihat ke Halaman Asli

Fifi Novianty

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Penerapan Komunikasi Pembangunan Agama di Era Society 5.0

Diperbarui: 27 Maret 2020   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Indonesia adalah negara pluralisme dengan memiliki keragaman agama seperti agama Islam, Kristen, Budha dan Kong Hu Chu. Tingkat pertumbuhan masyarakatpun sangat berkembang pesat baik dibidang pembangunan, pertanian maupun industrialisasi.

Komunikasi pembangunan agama di era society 5.0 nampaknya sangat penting untuk diterapkan di negara Indonesia saat ini. Era society 5.0 yang menitikberatkan pada kepiawaian manusia sebagai komponen utama dan didukung oleh kecanggihan teknologi modern.

Tentunya konsep 5.0 sangat tepat dalam penerapan dan pengembangan komunikasi pembangunan agama yang mana membutuhkan SDM (sumber daya manusia) yang berkompeten dibidangnya dan memanfaatkan teknologi yang ada.

Komunikasi pembangunan sendiri dilakukan untuk mengkomunikasikan dalam sebuah proses pembangunan suatu negara untuk mengarah pada sebuah kemajuan baik pembangunan dibidang infrastruktur dan pembangunan dibidang industrialisasi.

Komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam proses pembangunan disuatu negara, termasuk Indonesia yang memiliki banyak sekali kota dengan berbagai potensi dan problematika yang ada. Tentu, dalam komunikasi pembangunan agama harus memiliki strategi khusus untuk memaksimalkan proses komunikasi pembangunan tersebut.

Keberhasilan sebuah pembangunan di suatu negara dilihat dari proses komunikasi yang baik. Jika tidak ada komunikasi dalam proses pembangunan  maka tidak akan berjalan dengan lancar dan sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Komunikasi pembangunan di Indonesia memiliki tujuan inti yaitu untuk membangun manusia itu sendiri secara utuh dan pembangunan masyarakat Indonesia itu sendiri yang harus bersifat pragmatik yaitu suatu pola yang membangkitkan inovasi pada masa kini yakni era informasi. Menuju sebuah perubahan yang dampaknya bersifat positif dan dapat dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Strategi komunikasi pembangunan agama adalah sebuah cara atau strategi yang digunakan dalam proses komunikasi pembangunan agama. Strategi komunikasi pembangunan agama yakni:

1.) Melihat Sasaran. Kita harus melihat terlebih dahulu siapa sasaran yang ingin kita tuju, dalam pendekatan sasaran strategi komunikasi pembangunan agama juga bisa menggunakan tiga pendekatan yakni:

a.) pendekatan media massa yang berbasis agama,

b.) pendekatan kelompok agama, dan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline