Lihat ke Halaman Asli

Fifin Nurdiyana

TERVERIFIKASI

PNS

5 Alasan Kesempatan Upgrade Kemampuan Diri di Bulan Ramadan, Tunggu Apa Lagi ?

Diperbarui: 3 April 2023   20:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi upgrade skill (sumber:via kompas.com)

Jangan mentang-mentang puasa lantas jadi tidak semangat melakukan aktivitas apapun. Justru sebaliknya, dengan berpuasa harusnya kita bisa berbuat lebih banyak kebaikan, baik untuk orang lain maupun diri sendiri. Kok diri sendiri ? Iya, harusnya momen ramadan bisa menjadi momen untuk meng-upgrade kemampuan diri supaya menjadi insan yang lebih baik.

Banyak hal baik yang bisa dilakukan saat ramadan, selain bisa mengasah bakat dan keterampilan, bonus pahala pula. Misalnya, belajar membuat kreasi kue lebaran, mengasah skill menulis dengan mengikuti Samber THR Kompasiana atau seperti yang saya lakukan, melatih kemampuan dalam membuat kartu ucapan ramadan atau lebaran digital.

Memang masih pemula, tapi momen ramadan ini membuat saya harus ekstra belajar membuat kreasi kartu lebaran digital. Meski saya hanya menggunakan aplikasi sejuta umat, yaitu canva dan powerpoint, tapi saya yakin bukan itu letak value-nya, tapi terletak pada kreasi apa yang bisa saya update dan terus kembangkan. Hasil kreasi inilah yang tidak akan pernah sama dengan yang lain, walaupun medianya sama.

Jujur, ada beberapa teman yang meminta bantuan saya untuk membuatkan kartu ucapan selamat ramadan secara digital. Ya, saya sih niatnya membantu, tidak pasang harga sama sekali. Kalau diberi imbalan ya Alhamdulillah, kalau tidak ya tidak mengapa. Karena bagi saya, dengan membantu mereka itu artinya saya juga jadi terus belajar dan berlatih, bukan ?

Sebenarnya, siapapun bisa menggunakan aplikasi untuk membuat kartu ucapan digital. Semuanya tersedia dan dapat diunduh dengan mudah dan gratis. Tapi, tidak semua mau menggunakannya. Barangkali karena faktor malas, tidak hobi, banyak uang dan maunya terima jadi atau karena kurang percaya diri dalam menggunakannya.

Nah, tentu ini menjadi peluang bagi mereka yang hobi dan punya semangat untuk terus belajar dan mengasah skill membuat kartu ucapan digital. Dan terbukti kok, walaupun aplikasinya gratisan tapi ternyata bisa juga menghasilkan. Rezeki tidak akan tertukar, dan terbuka lebar untuk mereka yang terus berusaha dan pantang menyerah.

Salah satunya ya di momen ramadan ini. Beberapa teman meminta saya untuk membuatkan kartu ucapan ramadan. Tanpa mematok harga, tapi kalau namanya rezeki inshaaAllah ada saja yang memberi imbalan. Dan tentu saja ini membuat saya semakin bersemangat mengasah skill di bulan ramadan ini.

Jadi, ramadan itu tidak melulu diisi dengan tidur ya. Kalau kita mampu menggali bakat dan terus meng-upgrade walapun di tengah berpuasa, inshaaAllah Allah akan memberi kemudahan bahkan membuka pintu-pintu rezeki kita.

Mengapa di bulan ramadan merupakan kesempatan untuk bisa meng-upgrade skill yang kita miliki ?

Pertama, di bulan ramadan kita punya waktu luang yang lebih banyak dari bulan-bulan biasa. Biasanya setiap ramadan, jam sekolah maupun jam kerja akan dikurangi. Nah ini kesempatan buat kita semakin tekun belajar kemampuan kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline