Lihat ke Halaman Asli

Fifin Nurdiyana

TERVERIFIKASI

PNS

Bukan Hanya Sekadar Menikmati "Mie Instan Rasa Tom Yum"

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1430419370621881425

[caption id="attachment_381104" align="aligncenter" width="300" caption="sumber:http://thaiembassy.dk/wp-content/uploads/thailand.jpg"][/caption]

Thailand adalah negara yang eksotis. Daya tarik negara ini bukan terletak pada hingar bingar hiburan ataupun keramaian kota dan modernitas. Justru sebaliknya, budaya lokal menjadi nilai jual yang tinggi dalam ranah pariwisata. Kekhasan Thailand tidak hanya terlihat dari budaya masyarakatnya, tapi juga tata letak kota, bentuk bangunan, kesenian dan jenis kulinernya.

Membicarakan kuliner, Thailand punya ciri khas dalam setiap masakannya, yaitu citra rasa pedas, manis, asin, manis dengan bumbu yang melimpah. Semua citra rasa itu disajikan secara seimbang dan sangat pas di lidah.

Meski saya belum pernah berkunjung ke Thailand, tapi Thailand foods is most famous in the world, sehingga wajar saja jika saya dan atau semua orang mengenal nama-nama kuliner Thailand seperti Tom Yum, Pad Thai, Gai Pad, dll.

[caption id="attachment_381095" align="aligncenter" width="300" caption="mie instan rasa Tom Yum, sumber:http://otomercon.com/2015/04/15/review-indomie-tom-yum-ala-thailand/"]

14304181701104079875

[/caption]

Tapi mungkin yang sedikit membuat geli, pernah saya begitu penasaran dengan masakan Thailand, dan kebetulan di swalayan dekat rumah ada yang menjual mie instan rasa Tom Yum. Saya memutuskan untuk membeli mie instan rasa Tom Yum dan menikmatinya sambil membayangkan saya sedang makan Tom Yum beneran. Rasa mie instan Tom Yum saja lezat apalagi Tom Yum yang beneran yaaa…kalau boleh meminjam istilah Pak Bondan, Mak Nyussss !

[caption id="attachment_381094" align="aligncenter" width="300" caption="Tom Yum sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Tom_yum#mediaviewer/File:Tom_yam_kung_maenam.jpg"]

1430417821642686436

[/caption]

Seperti diketahui, Tom Yum adalah termasuk sajian kuliner andalan utama Thailand. Tom Yum bukan hanya berperan sebagai “pengisi perut” di kala lapar, lebih dari itu, Tom Yum adalah trademark dari negara Thailand. Filosofinya, Tom Yum begitu mewakili budaya dan kekhasan Thailand. Rasanya yang lezat dengan olahan bumbu yang berani, kuliner bentuk sup ini sangat pas dinikmati selagi panas. Aromanya, konon sangat menggugah selera.

Dulu, saya pikir kalau ingin menikmati sajian kuliner khas Thailand termasuk Tom Yum harus datang ke Thailand. Wah, agak repot juga…jauh dan butuh uang saku yang tidak sedikit. Sementara saya juga sudah mengelilingi Bogor (wilayah tinggal saya) untuk mencari menu Tom Yum, tapi hasilnya nihil. Justru yang ketemu sama mie instan rasa Tom Yum.

Anyway, suatu hari saya mendapat kabar dari teman di Jakarta, bahwa ada satu restoran yang menyajikan menu kuliner Thailand secara lengkap di salah satu pusat perbelanjaan di wilayah Gandaria Jakarta Selatan, Pacific Place dan Puri Indah. Restoran tersebut bernama Thai Alley. Kabarnya, bukan hanya komplitnya menu sajian kuliner Thailand yang menjadi rujukan para penikmat kuliner, tapi juga suasana restoran yang berkonsep Thai Street Food, sehingga memberi kesan suasana santai seolah-olah kita sedang menikmati kuliner di pinggir jalan. Bisa dibayangkan, suasana santai tersebut pasti sangat menyenangkan untuk tempat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

[caption id="attachment_381105" align="aligncenter" width="300" caption="restoran thai alley, sumber:http://www.gogirlmagz.com/uploads/place/thai-alley-gandaria-city-c-1642.jpg"]

14304195801538544184

[/caption]

Membayangkannya saja sudah terasa seru, apalagi jika saya bisa berkesempatan langsung datang ke restoran Thai Alley dan memesan semangkuk Tom Yum panas. Hmmm…tak bisa diungkapkan dengan kata-kata…

[caption id="attachment_381103" align="aligncenter" width="300" caption="saya dan sahabat saya Irli (sumber:dokpri)"]

14304190101925724297

[/caption]

Gayung bersambut, dalam memperingati hari jadinya yang ke-3 tahun, Thai Alley bakal memberi kesempatan makan gratis pada yang beruntung dengan membawa satu orang teman atau keluarga. Wah, saya berharap bisa menjadi salah satu yang beruntung bisa makan gratis di Thai Alley. Saya akan mengajak sahabat saya Irli untuk mencicipi kelezatan kuliner Thailand secara gratis di Thai Alley. Pasti Irli bahagia banget. Pribadinya yang rame pasti akan menambah seru acara makan gratis di Thai Alley.


Bisa makan Tom Yum beneran, bukan hanya sekadar mie instan rasa Tom Yum, di Thai Alley dan menikmati suasana Thai Street Food bersama sahabat adalah impian dan harapan terindah saya.

Pada akhirnya, Semoga saya beruntung !




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline