Lihat ke Halaman Asli

Fifin Nurdiyana

TERVERIFIKASI

PNS

Bergerak Bukan Hanya Sebatas "Bergerak"

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1419760648114918859

bergerak bukan hanya sekadar

Aku masih ingat, dulu aku paling malas bangun pagi karena udara yang masih dingin sehingga membuatku bertahan dibalik selimut. Tapi bapak selalu menarik selimutku sambil berkata : “bangun Fin…biar nggak dingin, badannya dibuat gerak, nanti jadi nggak kedinginan lagi…” bapak juga memperagakan gerakan-gerakan ringan seperti memutar-mutar lengan, merentangkan tangan, dan membungkukkan badan di hadapanku berharap aku mau bangun dan mengikutinya menggerakkan badan untuk mengusir dingin. Benar saja, ketika aku mengikuti gerakan bapakku, perlahan badanku mulai menghangat dan tidak kedinginan lagi.

Sampai sekarang aku selalu mengingatnya. Setiap bangun tidur pagi, aku selalu menyempatkan sebentar untuk menggerakkan badan secara ringan. Dan hasilnya, ternyata menggerakkan badan saat bangun tidur bukan saja bisa mengusir dingin tapi juga membuat badan kita jadi lebih segar. Kalau badan sudah terasa segar pasti akan lebih bersemangat menyambut aktivitas.

14197610471659151846

beragam aktifitasku (dok:pribadi)

Aku bekerja di kantor. Setiap hari aku ke kantor dengan berjalan kaki. Kebetulan rumahku jaraknya tidak jauh dari kantor sehingga berjalan kaki adalah “transportasi” yang aman, murah, efektif dan yang pasti sehat ! dengan berjalan kaki, aku tidak hanya mendapat sehat dan bugar saja tapi juga mendapat bonus vitamin D yang berasal dari sinar Matahari pagi dan langsung mengenai badanku. Bayangkan jika aku naik mobil, aku tidak akan bergerak dengan sehat serta vitamin D Matahari pagi tidak akan kudapatkan dengan maksimal.

Sebagai pekerja kantoran, aku lebih banyak berada di ruangan ber-ac. Padatnya pekerjaan membuatku harus betah berlama-lama duduk dibelakang meja dan laptop. Tapi bukan berarti aku “diam” dan “pasrah” dengan keadaan. Selalu ada cara untuk sehat dan aktif bergerak. Biasanya, setiap 15 menit aku bangkit dari dudukku dan berolahraga ringan seperti meregangkan kaki, tangan, pinggang dan memutar-mutar kepala di dekat meja kerja. Meski ringan, tapi itu cukup membuatku nyaman dan merasa fresh sehingga bisa total menyelesaikan pekerjaan. Jika tidak demikian, badan akan terasa sakit, pegal akibat terlalu banyak duduk.

Bukan hanya itu, aku juga selalu menyediakan air mineral di meja kerjaku. Air mineral ini wajib aku minum sebanyak mungkin untuk menghindari dehidrasi karena paparan ac dan mencegah terjadinya gangguan pada organ ginjalku. Aktivitas duduk yang terlalu lama dan kurang minum air mineral akan dapat membahayakan kesehatan kita.

1419761170690809485

bermain badminton sore hari (dok:pribadi)

Sore hari, setelah bekerja, aku biasanya menyempatkan diri untuk berolahraga permainan yang menyenangkan di depan rumah, seperti bersepeda atau bertanding badminton dengan tetanggaku. Cukup dapat mengeluarkan keringat dan hati menjadi riang.

Itu saja aktivitas sehat bergeraknya ?

Nggak donk…karena aku juga menerapkan “bergerak” di rutinitas sehari-hariku, dimana saja. Mau tahu tips aktivitas “sehat gerakku” ? check it out :

1.Makan makanan yang bergizi

Untuk bergerak kita membutuhkan tenaga dan tenaga itu didapatkan dari makanan yang bergizi. Jadi penting bagi kita untuk memperhatikan asupan gizi pada makanan yang kita makan. Makan bukan persoalan kenyang semata tapi juga bagaimana asupan gizi dapat terpenuhi dan tenaga dapat kita peroleh dengan maksimal.

2.Minum air mineral minimal 8 gelas sehari

Kebiasaan baik ini seringkali disepelekan. Padahal jika kurang minum akan berdampak pada dehidrasi, kurang konsentrasi sampai badan menjadi lemas tak bertenaga sehingga tidak dapat bergerak dengan optimal.

3.Istirahat (tidur) cukup dan tepat waktu / tidak terlalu sering begadang

Kurang istirahat (tidur) dan pola hidup tidak sehat seperti sering begadang akan membuat badan menjadi tidak bugar. Wajah dan penampilan akan “kusam” serta dapat menyebabkan kurang darah (lemah letih lesu). Tentu saja ini akan mempengaruhi aktivitas “sehat bergerak” kita keesokan harinya.

4.Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan (ternyata) juga membuat badan kita bergerak. Menyapu, mengepel lantai, membersihkan kaca jendela, mencuci pakaian, mencuci piring, menjemur, mandi, dll kesemuanya dilakukan dengan banyak gerakan dan tenaga baik yang kita sadari maupun tidak. Selain dapat bergerak kita juga dapat menuai kebersihan.

5.Hindari remote control

Hal ini yang kerap diabaikan oleh kita. Penggunaan remote control secara terus-menerus akan membuat kita menjadi malas. Malas beranjak dari duduk dan malas bergerak (memindahkan channel). Akibatnya tanpa terasa kita akan menghabiskan waktu berjam-jam di depan televisi. Artinya apa ? kita juga akan kehilangan berjam-jam waktu yang manfaat untuk bergerak sehat.

6.Salurkan hobi

1419761263991974112

menyalurkan hobi berkebun, sehat bergerak dan gembira (dok:pribadi)

Pernahkah kalian berfikir bahwa menyalurkan hobi adalah salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat dengan bergerak aktif ? misalnya berkebun, bersepeda, jalan-jalan, berenang, menari atau bernyanyi. Dengan menyalurkan hobi, kerap kita tidak menyangka bahwa sebenarnya kita telah meluangkan waktu untuk bergerak dengan sehat. Mengapa ? sebab menyalurkan hobi adalah sebuah kesenangan sehingga kita akan dengan mudah melakukan aktivitas tersebut. Badan sehat dan hati juga gembira.

7.Bersosialisasi dengan lingkungan dan perbanyak teman

Apa hubungannya ? ada donk…kalau kita sendiri, kita cenderung tidak bergerak. Kita menjadi orang yang pasif dan hanya akan menghabiskan waktu dengan diam. Tapi kalau kita mau bersosialisasi dan memperbanyak relasi, kita lebih terinspirasi dan terpacu untuk punya banyak kegiatan dan bergerak aktif. Selain hubungan sosial kita bagus, kita juga akan lebih sehat karena punya banyak aktivitas.

8.Memilih tangga daripada lift

Naik lift memang lebih praktis, tapi yang praktis itu belum tentu sehat ! kalau keadaan kita memungkinkan lebih baik pilih naik tangga daripada lift. Tanpa kita sadari, dengan memilih naik tangga ketimbang lift sebenarnya kita telah mengupayakan pola hidup sehat dan aktif bergerak. Agar tidak terlalu lelah, imbangi dengan asupan gizi lengkap dan cukup minum air mineral.

9.Exercise is Medicine

artinya latihan adalah obat. Obat yang sebenarnya adalah bagaimana kita mau dan mampu melatih diri untuk melakukan hal baik yaitu gaya hidup sehat. melatih diri untuk konsisten dengan komitmen bahwa menjalani hidup sehat bukan saja hanya diwujudkan secara persuasif tapi juga langkah konkrit dengan benar-benar "bergerak" aktif untuk kehidupan yang lebih sehat dan lebih baik. ayo berlatih berlatih dan terus berlatih diri...

10. Berpikir Positif

Jangan menganggap remeh makna dari berpikir positif. Dengan selalu berpikir positif akan mempengaruhi kondisi psikologis kita. Jika kondisi psikologis kita baik, maka akan berpengaruh pada perilaku kita sehari-hari. Masih ingat pepatah “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” artinya, ada keterkaitan yang erat antara tubuh yang sehat dengan kondisi kejiwaan seseorang begitu juga sebaliknya kondisi kejiwaan yang baik akan dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jadi, teruslah berpikir positif untuk mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat.


Bergerak bukan saja dimaknai secara sempit sebatas “bergerak” atau “menggerakkan anggota tubuh” tapi juga menyimpan beragam makna meliputi aspek sosial, budaya, olahraga, nutrisi, aktifitas rutinitas, upaya bergaya hidup sehat, dll, sehingga bergerak tidak hanya melibatkan diri secara personal tapi juga sosial kemasyarakatan. Bagaimana dengan upaya gaya hidup sehat bukan hanya membawa dampak positif bagi kehidupan pribadi tapi juga membawa perubahan yang baik ke komunitas yang lebih luas (masyarakat).

So, Setelah membaca artikel ini dan semakin tahu bahwa begitu banyak manfaat menjadi pribadi yang mau merubah diri ke arah yang lebih baik dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan aktif bergerak...masih menunggu “nanti” untuk melakukannya ???




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline