Lihat ke Halaman Asli

Joko

Programmer

Universitas Muhammadiyah Surabaya Gelar Webinar CyberSecurity Bersama Universitas Muhammadiyah Lamongan

Diperbarui: 1 November 2021   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Demonstrasi Perbaikan Celah Keamanan (Dokumentasi pribadi)

Universitas Muhammadiyah Surabaya bersama Universitas Muhammadiyah Lamongan mengadakan webinar cyber security. Webinar yang dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2021 berjudul "Celah Keamanan Di Dalam Dunia IT" dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi zoom. Acara ini dihadiri oleh 89 peserta yang berasal dari kalangan umum maupun mahasiswa.

Webinar ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Bapak Eko Handoyo, Dekan FSTP UMLA, sementara Sesi Kedua diisi oleh Bapak Ashr Hafiizh Tantri dan saya sendiri sebagai perwakilan UMSurabaya.

Pada sesi pertama, Bapak Eko Handoyo menyampaikan materi mengenai keamanan komputer. Beliau juga menegaskan bahwa sekarang itu pengamanan komputer lebih difokuskan ke pengamanan jaringan tidak seperti belasan tahun yang lalu yang hanya berfokus ke pengamanan perangkat. Menurut beliau, hal ini wajar terjadi karena pada saat ini adalah eranya Internet of Things (IoT) sehingga semua perangkat terhubung menggunakan internet.

Pada sesi kedua, saya mendemonstrasikan bagaimana cara memperbaiki celah keamanan di website. 4 celah keamanan yang sering ditemui adalah: SQL Injection, XSS/Cross Side Scripting, Arbitary File Upload, serta  Bypass Admin Login. Keempat celah keamanan tersebut bisa ditambal dengan memperbaiki proses input data dalam setiap halaman web yang meminat masukan dari user. Salah satu caranya adalah dengan melakukan input sanitization sehingga tidak ada karakter spesial yang ikut masuk dalam proses input data. Karakter spesial ini seringkali digunakan para hacker untuk memasukkan script-script mereka.

Menurut saya, webinar ini berguna untuk menambah pengetahuan tentang celah keamanan yang ada di IT. Sehingga kita jadi tahu apa itu celah keamanan dalam komputer maupun website. Tentunya kita juga mendapat pencerahan bagaimana memperbaiki website yang memiliki celah keamanan agar website kita tidak diretas/di-hack oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline