Lihat ke Halaman Asli

fiena azzahra muhayya

Mahasiswa FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

Strategi Pendekatan Pesan: Membuat Pesan yang Berkesan bagi Konsumen Melalui Strategi Pendekatan yang Tepat

Diperbarui: 7 Juli 2024   16:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://lampung.tribunnews.com/2019/05/22/kini-bisa-pesan-tiketcom-via-whatsapp?page=1

Nama  : Fiena Azzahra Muhayya

Nim     : 23010400113

Mk       : Pengantar Advertising

Dosen Pengampu : Jamiati KN, S.I., M.Ikom

Perencanaan pesan

Perencanaan isi pesan adalah proses menyusun dan mengatur pesan-pesan yang akan disampaikan secara sistematis. Ini melibatkan pengidentifikasian dan penyiapan pesan-pesan penting, kemudian menyusunnya ke dalam urutan-urutan yang terstruktur. Ketika pesan tersebut disampaikan, penerima dapat memahaminya dengan jelas sesuai dengan tujuan komunikasi yang diinginkan.

Strategi penyusunan isi pesan 

Penyusunan isi pesan harus mempertimbangkan kondisi khalayak sasaran, juga harus merujuk pada tujuan komunikasi yang ingin dicapai. Dalam konteks komunikasi persuasive,Wayne N. Thompson (Rakhmat, 1992: 115-118) memberikan beberapa panduan penting untuk memastikan pesan yang disampaikan efektif.

Pertama, pesan harus menarik perhatian. Ini berarti is pesan harus menangkap minat audiens. Penggunaan judul yang menarik, visual yang mencolok, atau pernyataan pembuka yang provokatif. Penting untuk memahami apa yang dianggap menarik oleh audiens kita dan menyusun pesan yang dapat menonjol.

Kedua, pesan harus menyentuh dan menggerakan audiens. Ini berarti pesan harus memiliki pengaruh psikolagi yang kuat, mampu menyentuh emosi audiens dan mendorong mereka untuk bertindak. Dengan cara ini pesan tidak hanya diingat, tetapi juga memotivasi audiens untuk mengambil Tindakan yang diinginkan.

Pendekatan pesan dalam iklan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline