Lihat ke Halaman Asli

Laila Musfidatul Ikromah

Mahasiswa 23107030065 UIN Sunan Kalijaga

Pesona Negeri Atas Awan, Dieng

Diperbarui: 7 Februari 2024   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: www.indonesia.travel

Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau adalah sebuah wilayah yang memiliki ciri geologi, sejarah, dan pertanian yang dinilai khas yang terletak di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di antara Kota Wonosobo dan Banjarnegara. Dataran ini diapit oleh jajaran perbukitan di sisi utara dan selatannya, yang berasal dari aktivitas vulkanik yang sama dan disebut Pegunungan Dieng. Secara administrasi, dataran tinggi Dieng berada dalam wilayah Kecamatan Batur dan sebagian Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, dan bagian selatan dari Desa Pranten, Bawang, Kabupaten Batang, dengan inti kawasan wisata berada pada wilayah Desa Dieng Kulon (di Banjarnegara) dan Desa Dieng ("Dieng Wetan" di Wonosobo). 

Selain itu Dieng berada di kawasan sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisar 12-20 C di siang hari dan 6-10 C di malam hari. Dengan suhu yang terbilang rendah, membuat kawasan Dieng terasa sangat dingin dan sejuk.

Dieng dikenal memiliki pesona alam yang indah karena dikelilingi dengan bukit-bukit hijau. Dengan kesuburan tanahnya, sepanjang jalan di daerah Dieng pun dihiasi oleh berbagai jenis sayuran. Tak heran jika Dieng sering kali dijuluki sebagai "Negeri di Atas Awan" dikarenakan Dieng tersohor akan keindahan alam yang sangat indah serta terselimuti awan yang membuat nuansa semakin sejuk, sehingga membuat para wisatawan datang untuk mengunjunginya.

Dataran Tinggi Dieng memiliki potensi pariwisata yang cukup besar baik di lingkup nasional maupun internasional, mengingat Dieng memiliki daya tarik tersendiri berupa potensi alam, budaya, serta peninggalan sejarah. Sehingga membuat wisata Dieng pantas dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara karena Dieng memiliki pemandangan wisata alam yang sangat menakjubkan. Dieng memiliki berbagai objek wisata seperti pegunungan, bukit, telaga, kawah, candi, curug, dan sebagainya. Berikut ini merupakan 7 dari beberapa rekomendasi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi.

  • Golden Sunrise Sikunir

Golden Sunrise Sikunir (sumber: jogjatourwisata.id)

Terletak di ketinggian 2.263 mdpl di atas permukaan laut menjadikan Sikunir disebut dengan surganya para pencari sunrise. Ini merupakan tempat terbaik bagi para penanti fajar untuk menikmati sunrise dengan tidak ingin mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk mendaki gunung-gunung tinggi. Jika kamu beruntung, cuaca cerah tidak tertutup kabut maka kamu akan mendapatkan golden sunrise yang sangat menakjubkan dan sempurna. Disini kita bisa melihat keindahan gunung Sindoro, Sumbing, Slamet, Merapi, Merbabu dan Ungaran. Saat tiba di puncak bersiap-siap menatap pemandangan yang membuat kagum dan takjub. Semakin pagi kabut semakin menghilang dan detail jelas Gunung Sindoro yang membuat kamu semakin takjub akan ciptaan Sang Maha Kuasa.

Untuk mencapai ke Puncak Sikunir kita harus menyusuri dan mendaki jalan setapak sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan dengan HTM yang harus dibayarkan hanya Rp15.000.  Udaranya yang dingin mengharuskan kamu memakai jaket dan fisik yang kuat. Udara yang tipis akan membuat nafas kamu tersengal-sengal saat mendaki. Namun jalan yang menanjak akan terbayar sudah dengan keindahan golden sunrise yang didapat. 

  •  Batu Pandang Ratapan Angin

sumber: www.dakatour.com

Lokasi Batu Pandang Ratapan Angin yang ada di bukit sekitar Telaga Warna membuat panorama telaga terlihat begitu menawan dari ketinggian. Kamu bisa melihat seluruh telaga dengan warna yang kerap berubah ini dengan jelas dari Batu Pandang Ratapan Angin.

Selain menyajikan panorama yang begitu undah, Batu Pandang Ratapan Angin juge menjadi salah satu tempat berfoto terbaik di Dieng. Keindahan panorama yang tersaji di sana juga sangat pas sebagai latar belakang foto.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline