Lihat ke Halaman Asli

Adik Wibowo

Beyond Blogging

Kru Kapal Pesiar Indonesia yang Kualitasnya di Perhitungkan di Kancah Internasional

Diperbarui: 19 Februari 2024   17:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MedWist Gallery

KUALITASNYA DIPERHITUNGKAN

Sisi lain dari kapal pesiar terkait penghasilan bagi krunya adalah peran penting kru itu sendiri dalam hal menunaikan kewajibannya. Layanan makanan dan minuman tidak semata-mata hanya urusan mengantarnya dari dapur ke hadapan tamu, akan tetapi ada etika dan estitika dalam prosesnya. Juru hidang atau yang disebut dengan waiter maupun waitress betul-betul terlatih berupa kemampuan memahami produk yang dihidangkan, ketrampilan menyajikan dan juga keramahan.

SQUENCE OF SERVICE : Urutan Melayani

Semua pekerja di bidang food and beverage service akan paham dengan urutan penyajian dan urutan yang disajikan. Pada saat makan siang (lunch) dan makan malam (dinner) makanan yang disajikan urut dari appetizer - soup - salad - maincourse - dessert. Beda lagi dengan sarapan dimana makanan yang disajikan di kapal pesiar merujuk pada kultur American Breakfast dan Continental Breakfast. American Breakfast terdiri dari juice, cereal, hot cake, egg dishes dan penyajian kopi maupun teh menjadi pelengkap. Continental breakfast lebih mengutamakan roti tawar dan produk-produk pastru seperti croissant, muffin, danish pastry.

Urutan melayani jika tidak dikuasi baik teori maupun praktek tentu akan menjadikan layanan hidangan kurang memuaskan. Orang Indonesi yang bekerja di kapal pesiar bidang service terkenal sangat terlatih sekali. Banyak wisatawan yang puas terhadap layanan yang diberikan. Itu dibuktikan dengan pengisian perfoma atau comment and rating di penghujung wisata kapal pesiarnya (cruise)

PATUT DIPERHITUNGKAN

Selain orang Indonesia ada dari negara lain yang bekerja di kapal pesiar. Terkadang ada yang berasal dari Turkey, Hungaria, India, Thailand dan sebagainya. Orang dari Indonesia di kapal pesiar terbukti menjadi SDM yang patut diperhitungkan. Prestasi gemilang mulai dari status sebagai waiter sampai dengan manager restaurant atau yang lebih dikenal dengan nama Maitre'd Hotel banyak dari Indonesia. Orang Indonesia dikenal memiliki modal yang susah untuk didapatkan di tempat lain, yaitu murah senyum. Ini menjadi modal keramahtamahan tiada duanya.

MedWist Gallery

KARIR DI KAPAL PESIAR

Perjalanan panjang karir itu banyak diawali dari posisi bawah. Kemudian ada jenjang promosi menuju ke posisi di atasnya. Siapapun  yang bekerja di kapal pesiar akan memiliki fitness report yaitu penilaian kinerja dan perfoma kerja atas dirinya. Di sinilah orang Indonesia banyak menunjukkan kinerja yang luar biasa. Selidik punya selidik adalah kemampuan orang Indonesia bekerja dengan hati. Kualitas pekerjaan memang akan sangat bagus sekali tatkala di pekerja dengan hati. Apa yang dipegang, dikerjakan berujung dengan pencapaian yang tidak sekedar nilai angkat, tetapi akan ada kepuasan. Baik yang dilayani maupun yang melayani. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline