Lihat ke Halaman Asli

Adik Wibowo

Beyond Blogging

Tender Jika Kapal Pesiar Tidak Bisa Sandar di Pelabuhan

Diperbarui: 30 Januari 2024   08:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MedWist Gallery

Beberapa pelabuhan memang tidak bisa dipakai untuk tambatan kapal pesiar. Hal tersebut dikarena dangkalnya sisi pelabuhan atau docking area. Seperti di Padang Bay Bali misalnya, kapal akan menurunkan jangkar (anchor). Penumpang akan dilangsir menggunakan life boat. Proses ini disebut dengan istilah TENDER.  

Kejadian ini seperti pada saat kapal singgah di Padang Bay Bali selama 2 hari 3 malam. Waktu itu perjalanan wisata (cruise)  dari rute Singapore ke Australia. Tertambat di tengah lautan dengan kekuatan jangkar. Setiap 5 menit Tender bergantian dari kapal ke darat maupun sebaliknya. Dioperasikan kru dari deck department.  Sigap melayani dengan kemampuan yang profesional dan bersertifikat.

Di cruise Karibia, kapal sering Tender di pulau Half moon cay.  Sebuah pulau kecil berada di kepulauan Karibia dengan bibir pantainya yang membentuk bulan sabit. Sesuai dengan namanya. "Half Moon". Nice beach, warm weather. Kapal tertambat di setiap akhir perjalanan wisata 7 hari pulau karibia. Dan Anchor/ jangkar menjadi media untuk kapal dalam konsentrasinya menurunkan dan menaikkan penumpangnya.

Suatu ketika, jika Anda bekerja di kapal pesiar Tender menjadi bagian perjalan. Ini akan menjadi pengalaman menarik, karena kapal pesiar yang kita tumpangi tidak bisa sandar karena saking besarnya. Hal itupun telah dapat diprediksi oleh Kapten dan Managemen Kapal, selain ada hubungan dengan pihak lokal terkait potensi sandar atau tidak.

MedWist Gallery




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline