Lihat ke Halaman Asli

Bertani Ikan dengan Menggunakan Bak Fiber

Diperbarui: 12 November 2015   13:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bak Fiber untuk dunia perikanan

Sektor perikanan si Indonesia saat ini sudah ulai menampilkan gaungnya. Saat ini bukan hanya nelayan nelayan saja yang bisa menjadi pemasok ikan di Indonesia tapi juga petani petani ikan yang menghasilkan ikan air tawar seperti lele, nila dan masih banyak lagi untuk mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia. Munculnya para petani ikan yang baru ini sedikit banyak menghiraukan karena tidak semua dari mereka yang memiliki modal pengetahuan yang benar untuk memulai usaha tersebut.

Salah satu yang paling dasar dalam melakukan sebuah pemeliharaan ikan adalah mengetahui wadah yang pas untuk menampung ikan ikan anda. Oleh karena itu pemilihan jenis kolam lebih baik dilakukan dengan benar untuk menghindari kerugian di masa depan. Beberapa jenis kolam untuk pemeliharaan ikan adalah kolam atau bak terpal dan juga bak fiber atau fiberglass.

Kolam terpal

Kolam terpal adalah kolam yang terbuat dari bahan terpal yang di tegakkan dengan rangka rangka yang dibuat dari bambu atau rangka lainnya. Kolam ini banyak digunakan oleh petani karena biaya pembuatannya yang murah dan juga mudah untuk diaplikasikan di mana saja. Cara pembuatan dan juga pemelihataan dengan menggunakan kolam terpal ini juga tergolong lebih mudah. Akan tetapi kolam terpal memiliki kekurangan daripada bak fiber karena kolam ini akan mudah mengalami kebocoran. Jika kolam ini bocor namun tidak ada orang yang dapat melihatnya maka akan menyebabkan kehabisan air yang bisa berujung pada kematian ikan ikan yang anda pelihara.

Kolam atau bak fiber

Bak fiber adalah kolam yang terbuat dari bahan fiberglass. Kolam ini memiliki kelebihan dibanding kolam terpal yaitu berat total yang tidak begitu berat sehingga mudah dipindahkan kemanapun serta memiliki ketahanan yang tinggi terhadap panas matahari sehingga tidak mudah retak dan pecah. Kolam dari fiber ini juga tidak akan mudah bocor sehingga dapat mengurangi kemungkinan rugi petani. Akan tetapi bak fiber yang terbuat dari bahan fiber glass ini memiliki harga yang lumayan mahal. Meskipun boros, kolam ini mampu memberikan sekuritas yang lebih baik dari pada kolam terpal.

Pabrik Pembuat Bak Fiber

Berikut ini informasi produsen bak fiber, ada pun dapat mengunjungi halaman website berikut ini untuk mengetahui perihal harga pembuatan serta berbagai macam model dan ukuran dari bak fiberglass tersebut. http://energiputrabangsa.co.id/produk/bak-fiber-kolam-fiber-harga-jual-pabrik




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline