Lihat ke Halaman Asli

Fian Tamo

Penulis Jalanan

SEJARAH GEMATRI SBD

Diperbarui: 18 Agustus 2022   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gerakan Mahasiswa Tana Righu, Sumba Barat Daya, yang disingkat GEMATRI SBD adalah organisasi mahasiswa ekstrakampus lokal yang memiliki perguruan tinggi. 

GEMATRI SBD berdiri pada 26 Maret 2022, sebagai hari lahirnya GEMATRI SBD, lewat Deklarasi di Aula Kecamatan. Tana Righu, Desa. Malata, Kab. Sumba Barat, Provinsi. Nusa Tengga Timur (NTT). GEMATRI SBD, hasil gabungan dari Ikatan Mahasiswa Tana Righu (IKAMATRI) STKIP Weetebula dan Ikatan Mahasiswa Tana Righu(IMT) STIMIKOM Stella Maris Sumba. 

Secara struktur organisatoris saat ini, yang menjadi Ketua. Alfianus Tamo Ama, Sekrataris. Sepriadi Lende Poety, Bendahara. Fransiska Febri Yanti Bulu, periode 2022-2023. Penasehat. Simon Wudy S.Pd, Pembina. Petrus Lende D.Pd.,M.Pd, Konselor. Gebrial Paskalis Bulu S.Pd, Emilinus Buga S.Pd dan Siprianus Katoda S.Kom.

GEMATRI SBD, merupakan hasil kesepakatan dari dua organisasi lokal yaitu Ikatan Mahasiswa Tana Righu(IKAMATRI) STKIP Weetebula yang dipimpin oleh (Alfianus Tamo Ama, Mirnawati Mori Uma dan Yuliana Ngongo) dan Ikatan Mahasiswa Tana Righu(IMT) STIMIKOM Stella Maris Sumba, yang dipimpin oleh (Sepriadi Lende Poety, Oksan Umbu Dewa dan Norviana Umbu Dasa). Melihat situasi dan kondisi kedua organisasi lokal. Maka, Alfianus Tama Ama, dari IKAMATRI STKIP Weetebula, mengajak diskusi dari pimpinan IMT STIMIKOM Stella Maris Sumba, Sepriadi Lende Poety, guna menyamakan pendapat dan komitmen. Akhirnya, mendapatkan respon balik untuk mengadakan pertemuan di ruang darurat (DR2) STKIP Weetebula dan pada akhir diplenokan nama Kumunitas lokal Menjadi Organisasi Gerakan Mahasiswa Tana Righu (GEMATRI) SBD yang bersamaan Logo, AD/ART, Visi dan misi. Hasil dari itu, mulai ada kesepakatan untuk deklarasi organisas sekaligus pengukuhan kepengurusan secara sah dan meminta restu dari pak David Umbu Pati sebagai camat Tana Righu. Pada tanggal 26 Maret 2022, berhasil deklarasi organisasi dan diresmikan oleh pemerintahan kecamatan Tana Righu, yang akan menjadi hari lahirnya organisasi lokal GEMATRI SBD. 

Lambang; 

Lamabang GEMATRI berbentuk lingkaran bulat atau gong yang melambangkan kekeluargaan orang sumba dan kumpulan orang-orang pemikir dan pejuang, sedangkang pemukul melambang energi menggerakkan dan menyuarakan kebenaran. 

Elemen; 

Lambang ayam jantan dan sehelai buku, bermakna pemberitahuan, perdamaian dan pelajar. Warna hijau, merah, hitam dan putih yang artinya warna dasar hijau menunjukkan kesuburan, kekanyaan dan kecerdasan. warna merah melambangkan semangat menggelora. Warna kuning bermakna harmoni dan optimis. Warna putih bermakna kesucian, ketulusan bertindak dan bersikap.

Kegiatan; 

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh GEMATRI SBD antara lain: Demontrasi, literasi, pengakaderan, penerimaan, advokasi dan pengabdian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline