Lihat ke Halaman Asli

Pianologi

Suka numerology

Jerman & Portugal Melawan Kutukan Grup B

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

JERMAN adalah calon kuat juara Euro 2012 ini. Mario Gomez dkk begitu perkasa di Grup B yang merupakan grup maut pada edisi ini. Portugal, Belanda, Denmark semuanya dikalahkan, dan Der Panzer pun juara Grup B menantang runner up Grup A Yunani. Di perempatfinal Jerman pun menyingkirkan juara Euro 2004 itu dengan skor telak 4-2, dan kemudian di semifinal menantang musuh klasik Italia yang menyingkirkan Inggris melalui adu pinalti.

Jerman diunggulkan sebagian besar bolamania bakal mampu melewati Italy di semifinal untuk menghadapi juara bertahan Spanyol di final. Tunggu dulu, ini masih semifinal. Dan ada "kutukan" Grup B sejak Euro 1996 berkomposisi 16 tim yang terbagi dalam 4 grup A B C D. Sudah 4 kali putaran final Euro berlangsung belum ada juara dari Grup B. Mari simak histori unik berikut.

Euro 1996. Prancis menjadi juara Grup B dan Spanyol runner up. Prancis melewati runner up Grup A Belanda melalui adu pinalti di perempatfinal. Spanyol menghadapi juara Grup A Inggris, dan kalah adu pinalti. Prancis di semifinal bertemu Ceko, yang sebagai runner up Grup C berhasil menyingkirkan juara Grup D Portugal di perempatfinal. Tetapi di semifinal, awal generasi emas Zidane dkk takluk dalam drama adu pinalti dari era emas Nedved dkk dari Ceko, yang kemudian takluk di final dari juara Grup C Jerman.

Euro 2000. Italy menjadi juara Grup B dengan nilai sempurna, disusul Turki senagai runner-up. Turki terhenti oleh juara Grup A Portugal di perempatfinal. Sementara Italy melewati hadangan Rumania runner up Grup A di perempatfinal. Di semifinal Italia berjumpa Belanda yg sebagai juara Grup D berhasil melewati hadangan Yugoslavia dari Grup C. Italy sukses melewati Belanda melalui adu pinalti. Di final Italy berjumpa runner up Grup D Prancis. Italia di ambang juara ketika menit 4 injury time Wiltord menyamakan skor menjadi 1-1. Dan tepat di menit sial alias menit 13 perpanjangan waktu Trezeguet membuat golden gol yang membuyarkan mimpi juara Italy sejak juara Euro 1968.

Euro 2004. Sang juara bertahan Prancis menjadi juara Grup B dan Inggris menjadi runner up. Di perempatfinal Prancis takluk dari tim kejutan Yunani runner up Grup A. Sementara Inggris lagi-lagi takluk dalam drama adu pinalti dari Juara Grup A Portugal. Yunani dan Portugal dari Grup A bertemu kembali di final, dan Yunani sukses memporak-porandakan segala prediksi dengan juara pertama kalinya.

Euro 2008. Kroasia secara mengejutkan menjuarai Grup B dengan nilai sempurna disusul Jerman sebagai runner up. Langkah Kroasia terhenti dalam drama adu penalti melawan runner up Grup A Turki di perrempatfinal. Jerman sanggup melewati Portugal  selaku juara Grup A di perempatfinal, bahkan sanggup melewati Turki di semifinal. Tetapi di final Jerman kalah dari Spanyol, yang merupakan juara Grup D.

Jadi, sudah 2 kali wakil dari Grup D yang menjadi juara, juga wakil dari A dan Grup C. Yunani runner up Grup A edisi 2004 dan Prancis runner up Grup D edisi 2000 adalah runner up grup yang kemudian menjadi juara Euro. Sedangkan wakil dari Grup B maksimal sebagai runner up edisi 2000 dan 2008.

Nah tahun ini, Grup D sebagai kolektor 2 trophy sudah tersingkir menjelang semifinal, yakni Inggris dan Prancis, yang dua-duanya disingkirkan wakil Grup C. Sementara dua wakil dari Grup B yakni Jerman dan Portugal juga mengambil tempat di semifinal. Maka edisi Euro kali ini adalah pertaruhan nama Grup B melawan Grup C. Jika Portugal bisa melewati Spanyol dan Jerman bisa mengalahkan Italia di semifinal, maka bisa dipastikan akan lahir juara dari Grup B. Jika demikian, maka "kutukan" Grup B hanya berlaku selama 4 kali perhelatan Euro. Menarik untuk ditunggu karena ini kali terkahir Euro terdiri atas 4 Grup, sebab edisi depan Euro bakal berisi 24 tim dalam 6 Grup.

O iya, "kutukan" Grup B ini juga berlaku di empat Piala Dunia terahir sejak komposisi putaran final terdiri dari 8 Grup A-H yakni sejak Piala Dunia 1998 atau menyusul bertambahnya jumlah tim Euro 1996. Bahkan tak satu pun tim dari Grup B yang menembus semifinal. Juara Grup paling bertahan sampai babak perempatfinal, sedangkan runner-up Grup semuanya terhenti di perdelapanfinal. Juara edisi 1998 adalah Prancis dari Grup C sementara juara Grup B Italia terhenti karena kalah adu penalti dari Prancis yang kemudian juara, lalu Brasil juara tahun 2002 juga dari Grup C sementara juara Grup B Spanyol terhenti karena kalah adu penalti dari tuan rumah Korea Selatan, kemudian Italia juara tahun 2006 dari Grup E sementara juara Grup B Inggris terhenti karena kalah adu penalti dari Portugal dan terakhir Spanyol tahun 2010 dari Grup H sementara juara Grup B Argentina takluk dengan skor telak dari musuh klasik Jerman di babak perempatfinal.

Ini hanya selingan menjelang semifinal Euro 2012. Sekalian biar kita refresh bersama histori bola. Hehehe. Salam bola.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline