Lihat ke Halaman Asli

Fia Vadilah

UIN SAIZU PURWOKERTO

Ajakan Hidup Sehat Melalui Sosialisasi PHBS oleh KKN UIN SAIZU Kelompok 18

Diperbarui: 30 Agustus 2023   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi PHBS di TK pertiwi 

Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat di TK Pertiwi dan PAUD Ar-Roudloh 

Oleh : Kelompok 18 Desa Karangsari Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 52 UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto, melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Karangsari kecamatan Kebasen Banyumas. Dalam salah satu program kerjanya yaitu melakukan sosialisasi kesehatan melalui program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). . Lebih tepatnya, PHBS adalah sebuah gerakan yang dilakukan dengan menjaga kebersihan serta kesehatan tubuh maupun lingkungan sekitar. Pada kesempatan kali ini kelompok 18 melakukan sosialisasi PHBS di tingkat pendidikan TK Pertiwi dan PAUD KBMNU Ar-Raudloh Karangsari, Kebasen, Banyumas.

Alasan memilih program kerja PHBS yaitu karena pola hidup bersih dan sehat penting diterapkan sejak dini agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang kesehatan manusia. Terlebih lagi anak-anak yang sedang aktifnya bermain dan masih masih rentan terkena penyakit. Maka dari itu kelompok 18 melakukan sosialisasi dengan target anak TK dan PAUD. Sosialisasi PHBS di TK Pertiwi dilakukan pada Jum’at, 11 Agustus 2023 dengan diikuti sebanyak 45 peserta didik. Materi PHBS yang disampaikan mengenai cara mencuci tangan menggunakan sabun dan cara menggosok gigi yang baik dan benar.

Cuci tangan merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Dengan rajin cuci tangan, juga dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit menular, seperti pilek, flu, diare, hingga penyakit hepatitis.  Sosialisasi PHBS diawali dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun kemudian dilanjutkan dengan cara memggosok gigi yang baik dan benar. Sosialisasi PHBS yang pertama yaitu cara mencuci tangan menggunakan sabun yang baik dan benar. Sosialisasi ini diawali dengan ice breaking tepuk konsentrasi dan lainnya agar anak-anak konsentrasi dan mendengarkan dengan baik kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi melalui video 6 langkah mencuci tangan dengan baik dan benar. Setelah pemberian materi mahasiswa KKN mengajak seluruh siswa untuk mempraktikan gerakan 6 langkah mencuci tangan dengan diiringi lagu anak-anak.

Setelah materi mencuci tangan selesai kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai cara menggosok  gigi yang baik dan benar diselingi dengan menyimak video. Anak merupakan usia rentan terhadap karies dan penyakit gigi lainnya karena masih memerlukan bantuan dari orang tua maupun keluarga untuk membimbing dalam menjaga kebesihan gigi dan mulutnya.

Setelah pemberian materi selesai mahasiswa KKN juga mengajak siswa untuk mempraktikan secara langsung cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang baik dan benar didepan kelas. Diakhir kegiatan, mahasiswa KKN memberikan hadiah kepada seluruh siswa TK Pertiwi sebagai bentuk terimakasih karena anak-anak TK sudah antusias mengikuti kegiatan tersebut. Tak lupa, foto bersama dilakukan setelah kegatan sosialisasi berakhir.

PHBS di PAUD KBMNU Ar-Roudloh

Dokumentasi PHBS di PAUD Ar-Roudloh 

PHBS yang dilakukan di PAUD KBMNU dilaksanakan pada Jum’at 25 Agustus 2023 dengan diikuti sebanyak 30 peserta didik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline