Lihat ke Halaman Asli

Keistiqomahan Sholat Dhuha

Diperbarui: 23 April 2023   15:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Anjurkan oleh rasulullah SAW, terdapat banyak dalil, baik dari al'quran maupun hadis yang menegaskan keutamaan shalat dhuha. Shalat dhuha adalah shalat yang bisa melancarkan rejeki bagi umat yang menjalankannya.

Shalat dhuha banyak sekali mannfaatnya,yaitu :

  • Di cukupkan rejekinya

Shalat dhuha merupakan shalat untuk memohon  rizki kepada allah SWT,dan bagi umat yang selalu menjalankan shalat dhuha setiap hari akan di cukupkan apa yang menjadi kebutuhannya.

  • Dibuatkan istana di surga

Bagi umat yang menjalankan shalat dhuha 12 rakaat setiap hari,allah akan membuatkan istana di surga.

  • Diapuni dosa nya

Segala sesuatu perbuatan dosa yang di sengaja maupun tidak di sengaja akan di ampuni oleh allah SWT.dan akan selalu di beri jalan taubat untuk manusia yang selalu berbuat dosa.

Waktu pengerjaan shalat dhuha dimulai setelah matahari naik setinggi 7 harta dan berakhir ketika posisi matahari  tepat berada di tengah -- tengah langit (istiwa). Ibadah sholat dhuha dapat dilakukan kisaran pukul 07.00 -11.00WIB.

Jumlah rakaat dalam shalat dhuha bermacam -- macam yaitu:

  • Dua raka'at  

Abu hurairah  r.a berkata : " kekasihku rosulullah saw berpesan kepada kepadaku, supaya berpuasa tiga hari di tiap-tiap bulan,dan shalat dhuha dua rakaat, dan shalat witir sebelum tidur."(H.R muttafaqun 'Alaih)

  • Empat raka'at

Aisyah r.a berkata :  "rasulullah saw biasa melaksanakan shalat dhuha empat raka'at,dan kadang- kadang melebihi dari itu sekehendak allah." (H.R muslim)

  • Delapan raka'at

Bahwa nabi saw mengerjakan shalat dhuha sebanyak delapan raka'at dan tiap-tiap dua raka'at beliau salam." (H.R abu daud)

  • Dua belas raka'at

Dari anas  r.a berkata : rosulullah saw bersabda,"barangsiapa yang shalat dhuha dua belas raka'at.niscaya allah dirikan istana baginya di surga."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline