Lihat ke Halaman Asli

Fatmawati

Mahasiswa

Konsep Pokok dalam Aspek Pasar

Diperbarui: 4 Oktober 2023   14:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penelitian dari Bani Nurul Adha, Hartono, Dan Fenny Septiani yang mengatakan bahwa aspek pasar dalam sebuah bisnis memiliki tujuan utama untuk memahami kelayakan bisnis dengan fokus pada pemahaman tentang prospek bisnis di masa depan dan kejelasan pasar yang ingin dituju. Dengan memahami pasar dengan baik, perusahaan dapat membuat keputusan strategis yang lebih baik, mengidentifikasi peluang, dan mengurangi risiko dalam operasinya. Dengan kata lain, analisis aspek pasar adalah langkah penting dalam perencanaan bisnis yang bertujuan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang (Bani Nurul Adha, Dkk, 2023).  Hal ini sejalan dengan penelitian dari Andre Setiawan yang juga mengatakan bahwa analisis aspek pasar adalah langkah penting dalam perencanaan bisnis. Ini karena keberhasilan proyek bisnis sangat bergantung pada adanya permintaan atas barang atau jasa yang akan dihasilkan oleh proyek tersebut (Andre Setiawan, 2018).  Berbicara mengenai aspek pasar yang sangat penting maka dalam penelitian Diana Arviana Lestari, Endang Chumaidiyah, Dan Budi Praptono juga menjelaskan bahwa aspek pasar sangat penting dalam dunia bisnis. Ini karena pemahaman yang baik tentang aspek pasar adalah kunci untuk kesuksesan bisnis yang berkelanjutan (Diana Arviana Lestari, Dkk, 2019).

Dalam jurnal utama dari penelitian Riski Yuniarsih, Harum Melathi, Sumadi, Dan Budiyono yang mengatakan bahwa aspek pasar memiliki Konsep pokok, konsep pokok dalam aspek pasar mencakup sejumlah ide utama yang menjadi dasar dalam memahami dinamika pasar dan membentuk strategi bisnis. Permintaan dan Penawaran merupakan konsep pokok dalam aspek pasar yang harus dipahami dalam mengembangkan startegi bisnis (Riski Yuniarsih, Dkk, 2006). Namun berbeda dalam penelitian Iir Tsamrotur Rofa, Ade Rizki Meilani, Nur Hasibuan, Ahmad Kurnia, Nasution, Dan Suhairi yang mengatakan bahwa dalam aspek pasar kita harus mempelajari  aspek peluang pasar tentang permintaan dan penawaran yang merupakan tujuan untuk dapat mengetahui seberapa besar tingkat penyerapan pasar jadi,intinya permintaan dan penawaran yaitu untuk menilai sejauh mana permintaan dari pasar terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Ini membantu perusahaan dalam memahami seberapa sukses produk atau jasa mereka dalam memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen serta sejauh mana pasar dapat menerima produk atau jasa tersebut. Penelitian ini juga mengatakan bahwa bukan hanya penerimaan dan penawaran saja yang menjadi aspek peluang pasar namun terdapat juga bentuk pasar (Iir Tsamrotur Rofa, Dkk, 2022). Hal ini sejalan dengan penelitian Dony Yanuar yang menyetujui bahwa ada tiga (3) aspek peluang pasar yaitu seperti, penerimaan, penawaran, dan bentuk pasar. Jadi, ketiga hal kita dapat memahami kondisi pasar saat ini dan memperkirakan besarnya penjualan yang kemungkinan akan terjadi. Dengan pemahaman yang baik tentang kondisi pasar, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih informasi dan berdasar dalam mengembangkan bisnisnya (Dony Yanuar, 2016). Adapun penelitian yang sependapat dengan penelitian utama yaitu Ir. Jatmiko, MM., MBA yang mengatakan juga bahwa permintaan dan penawaran merupakan konsep utama dalam aspek pasar agar dapat berkembang dalam membentuk strategi bisnis (Ir. Jatmiko, MM., MBA, 2017). Dalam penelitian Arfan Mulyawan, Lisye Fitria, dan Abu Bakar yang menyetujui juga bahwa Penerimaan dan permintaan merupakan konsep utama dalam mengembangkan suatu strategi bisnis pasar. Dan mengatakan juga bahwa penerimaan dan penawaran merupakan konsep pokok pasar bukan aspek peluang pasar (Arfan Mulyawan, 2014).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline