Lihat ke Halaman Asli

sissy felicia

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Manfaat, Jenis, dan Tantangan Keberagaman serta Tanggung Jawab Sosial dan Cara Khusus Perilaku Etis

Diperbarui: 10 April 2024   18:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manfaat Keragaman

1. Kumpulan Talenta yang Lebih Kuat: Keragaman menarik pelamar yang lebih berkualitas dalam jumlah yang lebih besar, sehingga menghasilkan pemilihan karyawan yang lebih baik.

2. Kreativitas yang Ditingkatkan: Tim yang beragam membawa perspektif yang berbeda, mendorong pemecahan masalah dan inovasi yang lebih kreatif.

3. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik: Sudut pandang yang beragam dapat mengarah pada diskusi yang lebih menyeluruh dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

4. Pemahaman Pasar yang Lebih Besar: Tenaga kerja yang beragam dapat lebih memahami dan memenuhi kebutuhan basis pelanggan yang beragam.

5. Pengurangan Biaya: Perputaran karyawan yang lebih rendah dan pengurangan risiko hukum akibat tuntutan diskriminasi dapat mengarah pada penghematan biaya.

Jenis Keragaman di Tempat Kerja

  • Usia

Stereotipe negatif tentang pekerja yang lebih tua, seperti lamban, fungsi mental yang buruk, kinerja kerja yang rendah, dan resisten terhadap perubahan, tidak diragukan lagi telah membuat banyak pengusaha enggan untuk mempekerjakan dan mempertahankan orang berusia di atas 50 tahun.  Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa keragaman yang meningkat dengan mempekerjakan dan mempertahankan pekerja yang lebih tua justru menguntungkan bisnis.  Mereka membawa pengalaman, keterampilan, dan kesinambungan ke tempat kerja.  Mempertahankan pekerja yang lebih tua juga memberi pekerja lain akses ke pengetahuan dan sejarah institusi yang penting.

  • Jenis Kelamin

Meskipun kemajuan telah dibuat, tempat kerja masih jauh dari netral gender.  Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa pria memulai karier mereka pada tingkat yang lebih tinggi daripada wanita.  Dan setelah tertinggal di awal, wanita tidak pernah bisa mengejar ketertinggalan.  Pria juga naik tangga karier lebih jauh dan lebih cepat.

  • Ras dan Etnis

Ras adalah karakteristik fisik, seperti struktur tulang, kulit, atau warna mata.  Etnis adalah faktor sosial dan budaya yang menentukan kelompok tempat seseorang berasal, termasuk kebangsaan, budaya daerah, dan asal usul.  Hukum yang melarang diskriminasi ras dan etnis berlaku di banyak negara.

  • Disabilitas

Menurut Biro Sensus AS, penyandang disabilitas adalah minoritas terbesar di Amerika Serikat.  Sekitar 12,6 persen dari populasi AS memiliki disabilitas.  Tahun 1990 adalah tahun yang penting bagi penyandang disabilitas.  Itu adalah tahun ketika Undang-Undang Disabilitas Amerika (ADA) menjadi undang-undang.  ADA melarang diskriminasi terhadap individu yang "dianggap" memiliki disabilitas dan mewajibkan pengusaha untuk membuat akomodasi yang wajar agar tempat kerja mereka dapat diakses oleh orang dengan disabilitas fisik atau mental dan memungkinkan mereka untuk secara efektif melakukan pekerjaan mereka.

  • Agama
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline