Lihat ke Halaman Asli

Feylakrif Tunasyah

sedang belajar

Clubhouse sebagai Media Pengembangan Diri Masa Kini yang Terkesan Eksklusif

Diperbarui: 21 April 2021   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Clubhouse adalah aplikasi audio online yang saat ini telah berhasil menjadi tren baru di kalangan milenial yang aktif bersosial media, dilaporkan telah melampaui delapan juta unduhan App Store iOS, menurut data dari App Annie (via TechCrunch). Fitur utama dari aplikasi ini adalah untuk mengadakan panggilan audio seperti FaceTime grup dan  publik, dan saat ini hanya tersedia untuk iOS. Aplikasi ClubHouse mengharuskan pengguna untuk diundang ke aplikasi untuk menggunakannya.

Clubhouse, berdasarkan fiturnya, sangat memungkinkan untuk dijadikan media ataupun wadah pengembanagn diri bagi milenial, apalagi di masa pandemi seperti ini, yang sebagian besar kegiatan dilakakuan di rumah, rasanya Clubhouse sangat tepat untuk dijadikan pengganti forum, seminar, ataupun talkshow offline. Sayangnya, Clubhouse hanya dapat diunduh bagi mareka pengguna iOS saja, hal ini menyebabkan kepemilikan akun Clubhouse terkesan eksklusif. Selain itu, pendaftaran akun untuk Clubhouse sendiri hanya dapat dilakukan jika kita mendapat link invitasi dari orang lain, yang mana berdasarkan hal tersebut, dapat dijadikan justifikasi bahwa seseorang dapat dikatakan memiliki network yang eksklusif ketika ia memiliki sebuah akun Clubhouse.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline