Lihat ke Halaman Asli

★彡 𝐅𝐞𝐲 𝐃𝐨𝐰𝐧 彡★

TERVERIFIKASI

Anti Scam Activist - Pemerhati - Penulis - IG @feydownwsc_official

Tertipu 38 Juta oleh Kenalan di FB yang Mengaku Pekerja Lepas Pantai Pertamina

Diperbarui: 21 Januari 2017   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo dari FB Farid Yosi Morista

Sungguh malang nasib single mother dua anak ini, sudah tertipu 38 juta rupiah lebih , diancam dan diperas pula oleh penipu. Pelaku  mengaku pekerja lepas pantai  Pertamina cabang Kalimantan.  Bahkan korban disuruh menjual rumah untuk memenuhi keserakahan penjahat ini. Saat korban curhat pada saya, ia sangat ketakutan karena diancam photo bugil akan disebar jika tak kirim 20 juta lagi. Saya langsung jawab, jangan takut dan jangan kirim  1 sen pun!

Photo dari FB Farid Yosi Morista

Sekejap saya melihat photo yang digunakan scammer bukan seragam pelaut Indonesia. Lalu saya cari siapa pemilik photo. Ternyata milik anggota angkatan laut kerajaan Thailand ( Thai Royal Navy) namanya Wirote Arreeyawongsatit. Pangkat di photo yang digunakan penipu Sub Lieutenant dan pangkat sekarang yang ada di Instagram, Junior Lieutenant

Nama korban sebut saja Jingga, diajak kenalan pada bulan April 2016 oleh lelaki di FB namanya  Farid Yosi Morista, no  Hp 085861526437 - BBM D4E232D1. Seperti biasa  modus operandi penipuan mengaku pelaut selalu sama yaitu izin cuti nikah, harus sewa boat atau helicopter, gaji dideposito. Pokoknya ujungnya menipu uang korban dengan segala janji janji manis sang penipu.

Photo dari FB : Farid Yosi Morista

Farid mulai minta uang dan pulsa dari Oktober 2016 sampai Januari 2017. Alasan hanya pinjam sebentar nanti akan dilebihkan saat dikembalikan. Tentu saja Jingga sangat percaya pada kekasihnya yang akan dapat melamar. Kebetulan ia  sedang terlibat hutang, maka apa yang diminta Farid dituruti termasuk disuruh bugil dengan janji uang gaji segera cair dan masuk ke rekeningnya. Korban berharap untung malah buntung.  

Disini ada peran Slamet Sarjito yang mengaku sebagai atasan Farid alias Kapten kapal Pertamina yang berhak memberi izin cuti dll.  Ada 3 kemungkinan nama tersebut sebagai pelaku penipuan  atau pelaku pinjam rekening orang lain atau team hore.

Jingga kirim uang ke bank BRI atas Slamet Sarjito, no rek 302 301 021 062 535. Pin BBM D5AD6F59, no hp : 081285153906.

Photo kiriman korban

Alasan alasan Farid minta uang pada Jingga sbb (semua kasus penipuan mengaku pelaut sama alasannya) :

1. Pengajuan cuti dan verifikasi data, 5 juta rupiah dikirim plus pulsa 800 ribu ke nomor 0812851543906

2. Sewa speed boat ke darat,  7,5 juta plus pulsa 500 ribu ke nomor sama.

3. Untuk acc surat cuti dan pencairan gaji, pelaku minta 30 juta dengan ancaman akan disantet dan photo disebar ke Youtube. Korban ketakutan dan pinjam kesana sini lalu mencicil hingga 25 juta.

Total kerugian korban : Uang : 37, 5 juta plus pulsa 1,3 juta : 38,8 juta rupiah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline