Lihat ke Halaman Asli

★彡 𝐅𝐞𝐲 𝐃𝐨𝐰𝐧 彡★

TERVERIFIKASI

Anti Scam Activist - Pemerhati - Penulis - IG @feydownwsc_official

Mengajukan Visa Turis Australia di VFS Global Kuningan City

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14178028491419263680

Dulu tahun 2010 ,  waktu putri saya mengajukan visa kunjungan ke Australia ,  tempatnya di  Plaza Asia, jalan Sudirman. Saya baru tahu kalau kini  sudah pindah  ke Kuningan City . Ternyata  di sana  ada kantor VFS Global (Visa Facilitation Services) yang melayani pengajuan visa di enam negara yaitu Australia, United Kingdom, New Zealand, Canada, Dubai dan Singapore. Keren banget ya?

Photo dari luar aja , didalam ngga boleh motret

Sudah sejak beberapa bulan lalu, anak  saya Bobby ingin sekali berkunjung  ke Australia tapi berhubung  sangat sibuk dengan pekerjaannya maka selalu tertunda. Kebetulan bulan lalu saya masih di Indonesia, maka tanggal 21 November 2014, saya mengantar Bobby mengajukan visa kunjungan ke Australia.

Waktu  yang sudah mepet karena tanggal 23 November 2014 saya harus kembali ke Australia, maka Bobby mempersiapkan dokumen dengan terburu buru. Saya sedikit ngomel karena kalau mepet begini gimana bisa lengkapi semua persyaratan. Memang ada form yang sudah diisi tapi tanggalnya kan beda, maka sayapun mengisi form di mobil.  Photo diri belum ada, copy dokumen yang dilegalisir belum ada, copy surat nikah belum ada, surat sponsor dari saya belum ada, tapi bismillah deh.

Selesai urusan ditempat lain jam 3 sore, sedang kantor AVAC ( Australian Visa Application Centre)  tutup jam 4 mana jalanan macet ke arah Mall Ambasador. Alhamdulilah  jam 3.30 sore saya  dan Bobby sampai juga di kantor AVAC  Kuningan City lantai 2 yang megah ini.

1417802963341442839

VFS Global Indonesia - Kuningan City Lantai 2

Memasuki pintu pertama, sudah ada security yang  memeriksa tas dan meminta kami mematikan HP. Lalu sebelum memasuki pintu kedua  disebelah kanan ada tempat photo copy dan photo. Alhamdulilah, selesai diphoto dan copy semua  dokumen plus dilegalisir , kamipun menuju tempat mengajukan visa, disitu ada security yang membuka pintu dengan kode tertentu.  Ruangan yang kami masuki sangat luas dan bersih.  Disana ada   tempat pengajuan visa Australia,  New Zealand dan United Kingdom.

Kami disambut  staff wanita yang sangat ramah, sayang saya  lupa menanyakan namanya. Saat form 1419 (turis visa) yang kami isi sudah kadaluarsa, iapun memberi form baru. Memang form  yang saya isi di mobil tadi cetakan tahun  lalu.  Semua diperiksa dengan  teliti lalu ditulis apa saja kekurangan yang harus kami kirim nanti.  Ternyata dokumen yang kurang adalah  copy surat nikah saya, bukti  bahwa saya Australian PR, surat sponsor dari saya dan copy buku tabungan Bobby 3 bulan terakhir.

Kata petugas cantik ini kami bisa membayar sekarang dan kekurangan dokumen bisa menyusul tapi kalau belum lengkap akan makin lama. Kalau lengkap maksimal 15 hari kerja. Bobby juga bisa cek status visa secara online. Kami pulang dengan membawa semua dokumen asli dan passport asli, engga seperti dulu, passport pakai label jadi harus di tinggal.

Kembali ke Australia, saya langsung mengirim copy document2  yang diminta. Surat sponsor saya tanda tangan lalu scan dan kirim ke email Bobby.  Ternyata visa baru di proses hari Senin 24 Nov karena kami datang pada Jumat sore saat kantor mau tutup. Alhamdulilah dalam 5 hari kerja yaitu  2 Desember 2014 visa sudah di granted.

Visa turis adalah visa untuk berlibur, mengunjungi keluarga/teman atau kursus singkat yang tak lebih dari 3 bulan dan tidak boleh mencari kerja.  Passport masih berlaku minimal 6 bulan menurut website imigrasi Australia tapi 1 tahun menurut AVAC. Lebih amannya ikutin saja masa berlaku minimal 1 tahun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline