Lihat ke Halaman Asli

Fetiyanti

Mahasiswa

Perkembangan Kognitif Anak Menurut Lev. Vygotsky

Diperbarui: 9 April 2021   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum wr.wb. disini penulis akan membahas tentang perkembangan kognitif anak menurut lev. Vygotsky. Apakah teman-semuanya sudah tau ? Nah kalau teman-teman semuanya belum tau yuk mari disimak pembahasan di bawah ini.

     Teori Lev. Vygotsky ini membahas tentang perkembangan anak, sama seperti pada teori yang sebelumnya yaitu teori Jean Piaget ya bun. Namun pada teori Jean Piaget ini perkembangan anak dapat kita ketahui melalui tahapan dan juga kemampuan-kemampuan yang anak punya mulai dari sensorik motorik, Pra-operasional, operasional konkret dan juga operasinal formal ya bun.

     Nah sedangkan teori Lev. Vygotsky ini keterampilan-keterampilan dalam keberfungsian mental itu berkembang melalui interaksi sosial langsung ya bun. Informasi tentang alat, keterampilan-keterampilan dan juga hubungan interpersonal kognitif ini dipancarkan melalui interaksi langsung dengan manusia.

Vygotsky ini membedakan diantaranya, yaitu : 

A. Aktual Development Zone (ADZ)

     Nah aktual Development ini ditentukan apakah seorang anak tersebut dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang dewasa atau guru. 

B. Potensial Development Zone (PDZ)

     Sedangkan yang potensial Development ini membedakan apakah seorang anak dapat melakukan sesuatu, memecahkan masah di bawah petunjuk orang dewasa ataupun bekerja sama dengan teman sebaya.

(*) Zone of Proximal Development (ZPD)

      Pada zona perkembangan proximal ini adalah istilah Vygotsky yaitu untuk rangkaian tugas yang terlalu sulit dikuasai anak seorang diri tetapi dapat dipelajari dengan bantuan dan bimbingan orang dewasa atau anak-anak yang sudah terlatih. Kemudian batas bawah dari tingkat ZPD yaitu tingkat keahlian yang dimiliki oleh seorang anak yang bekerja secara mandiri. Sedangkan batas atas adalah tingkat tanggung jawab tambahan yang dapat diterima oleh anak dengan bantuan oleh aeorang instruktur.

     Nah maksut dari ZPD ini yaitu menitik beratkan ZPD pada interaksi sosial akan dapat memudahkan perkembangan anak, yaitu :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline