Lihat ke Halaman Asli

Fetaulin Tia Rahardyanty

Universitas Internasional Semen Indonesia

Mahasiswa Manajemen UISI Lakukan ini Pada UMKM Sekitar : Membangun Brand Identity Warung Bu Sulaima

Diperbarui: 28 Juli 2023   11:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : penulis

Melalui program Pengabdian Masyarakat mahasiswa Manajemen Universitas Internasional Semen Indonesia, menyelenggarakan kegiatan membangun brand identity pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Warung Bu Sulaima di Jalan Kapten Dulasim, Sentolang Kabupaten Gresik. Kegiatan ini dilaksanakan pada 6 Juli 2023 yang dilaksanakan di Warung Bu Sulaima yang diikuti secara aktif oleh anggota pengabdian masyarakat dan pemilik UMKM.

UMKM Warung Bu Sulaima adalah usaha kuliner yang telah berdiri sejak 2019, menjual makanan rumahan dengan berbagai variasi menu yang memiliki cita rasa khas madura.  Warung Bu Sulaima ini memiliki jam buka mulai dari pukul 19:00 -- 03:00 WIB setiap harinya dan mampu menjual kurang lebih sebanyak 150 porsi.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting dalam perekonomian suatu negara. Untuk dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif, UMKM perlu membangun identitas brand yang kuat. Identitas brand yang baik dapat menjadi salah satu bentuk perkembangan pada usaha tersebut sekaligus menjadi pembeda dari kompetitor yang sejenis.

Salah satu contoh UMKM yang kini telah berhasil membangun identitas brand adalah Warung Bu Sulaima. Pada saat itu Warung Bu Sulaima merupakan sebuah usaha kuliner yang belum memiliki identitas brand yang jelas, seperti logo, nama usaha, dan desain kemasan. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan melibatkan partisipasi aktif, observasi, dan wawancara dengan pemilik UMKM Warung Bu Sulaima. Hasil dari kegiatan ini adalah pembuatan logo, desain brand dan nama usaha 'Waroeng Sentolang' yang sesuai berdasarkan konsumennya

 Sumber : penulis

Mengingat saat ini dalam era digitalisasi, strategi branding dan pemasaran digital juga menjadi faktor penting dalam membangun identitas brand UMKM. Melalui strategi branding dan pemasaran digital, UMKM dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen. 





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline