Lihat ke Halaman Asli

Fery Mendrofa

Dosen Keperawatan Stikes Karya Husada Semarang

Dukungan Aptisi Jawa Tengah terhadap Unkaha

Diperbarui: 1 Februari 2022   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

UNKAHA, dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi harus sesuai standart serta mampu bersaing secara global. Untuk mencapai tujuan tersebut Universitas Karya Husada Semarang dituntut untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. 

Dalam Peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dimana setiap satuan Pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran dan pengawasan proses pembelajaran dalam upaya menjamin terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. 

Perencanaan proses pembelajaran meliputi penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sekurang kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar. 

Pelaksanaan proses pembelajaran mencakup pengembangan berbagai strategi, metoda dan media dalam mengembangkan interaksi yang menyenangkan, menantang dan interaktif serta adaptable bagi peserta didik. Penilaian hasil belajar dan kompetensi peserta didik baik yang dilakukan oleh dosen maupun oleh satuan Pendidikan.

Guna mendukung semua proses dan pencapaian tujuan diatas maka UNKAHA pada tanggal 12-13 Januari telah menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum prodi Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan serta Penyusunan VMTS Universitas. 

Kegiatan diikuti oleh seluruh Civitas Dosen dan Karyawan Universitas Karya Husada Semarang. Tujuan workshop penyusunan Kurikulum ini adalah untuk mengembangkan kurikulum dan silabus terstandart Program Studi  Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Karya Husada Semarang dengan hasil akhir tersusunnya RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) pada prodi Magister Keperawatan, prodi  Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners,  prodi  Sarjana Terapan Kebidanan dan Profesi Bidan, prodi Sarjana Biomedik, prodi D III Keperawatan, serta prodi D III Kebidanan. 

Untuk penyususnan visi misi Lembaga sasarannya adalah visi misi Universitas dan seluruh Prodi di Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan dan Fakultas Humaniora. Pada  kegiatan hari kedua di hadiri juga oleh stake holder seperti dari Rumah sakit, Puskesmas. Berbagai organisasi Profesi juga hadir seperti PPNI, IBI, IKADIN (Ikatan Advocad Indonesia), KEMENKUMHAM Sorong Papua, APTIKOM (Asosiasi Ilmu Komputer) Jawa Tengah, PT Bhumi Pandanaran Sejahtera, UNISBANK. 

Dengan melibatkan berbagai stakeholder harapannya bisa sharing tentang kebutuhan dari masyarakat terhadap perguruan tinggi. dengan masukan stake holder akan menambah wawasan dalam pengembangan Kurikulum dan penyusunan Visi Misi Perguruan Tinggi. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Agus Setiawan, SKp, MN, DN dari AIPNI Pusat yang memberikan materi tentang  "Penerapan Kurikum MBKM pada prodi Kesehatan", Ns. Sonhaji, M.Kep yang memberikan materi tentang "Metode Pembelajaran dan Evaluasi" serta  Prof. Dr Edi Nur Sasongko, M.KOM sebagai Ketua APTISI Jawa Tengah dengan materi Tantangan dan Peluang Perguruan Tinggi Swasta di era 5.0

Besar harapan UNKAHA, kegiatan ini akan mendorong UNKAHA menjadi Perguruan Tinggi yang berdampak, bermanfaat dan mendunia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline