Lihat ke Halaman Asli

fery irawan

Mahasiswa

Semarak Hari Ulang Tahun Ke-77 Indonesia di Desa Koncer Kidul bersama Kelompok KKN UNEJ Membangun Desa 351 Tahun 2022

Diperbarui: 20 Agustus 2022   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokpri)

"Kemerdekaan merupakan hak segala bangsa," itulah yang tercantum dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang dibentuk setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada anggal 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno sebagai presiden pertama Indonesia. Guna merayakan kemerdekaan yang baru Indonesia peroleh setelah perjuangan yang sangat lama, setiap tahunnya di tanggal 17 Agustus dilaksanakan upacara kemerdekaan dan juga beragam lomba untuk memeriahkan hari jadi Indonesia. Kelompok KKN UMD 351 melaksanakan upacara kemerdekaan di Lapangan Basket SMA Negeri 1 Tenggarang bersama dengan kelompok KKN lain di Tenggarang beserta perangkat desa.

Dalam rangka menyemarakan HUT ke-77 Indonesia, Kelompok KKN UMD 351 juga menyelenggarakan berbagai perlombaan bagi anak-anak maupun dewasa yang dilaksanakan di Dusun Jatian, Desa Koncer Kidul selama tiga hari mulai dari tanggal 17-19 Agustus dengan enam perlombaan untuk kategori anak-anak yakni memasukan paku dalam botol, makan kerupuk, pukul air, tarik tambang, balap karung, dan balap kelereng serta empat lomba untuk kategori dewasa yang meliputi lomba jepit balon, pukul air, nyunggi tampah, dan tarik tambang.

Hari pertama penyelenggaraan lomba, acara dibuka oleh sambutan dari Dimas Seandy selaku Koordinator Desa yang kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Bu Siti Amini selaku Bendahara Desa Koncer Kidul yang menjadi perwakilan dari Pak Hendra Widodo selaku Kepala Desa Koncer Kidul yang saat itu berhalangan hadir karena masih memiliki agenda di kantor kabupaten. Bu Siti Amini menyatakan apresiasinya kepada Kelompok KKN UMD 351 atas diselenggarakannya lomba-lomba 17an di Dusun Jatian karena selama dua tahun ke belakang belum pernah lagi diselenggarakan, selain itu dalam sambutannya beliau juga memberi semangat bagi semua peserta. Lomba yang dilaksanakan pada hari pertama adalah lomba balap kelereng, jepit balon, balap karung, dan makan kerupuk.

Perlombaan di hari ke dua dilanjutkan dengan perlombaan nyunggi tampah, pukul air untuk anak-anak, dan memasukan paku dalam botol. Selanjutnya di hari ke tiga dilaksanakan lomba pukul air untuk dewasa dan tarik tambang untuk anak-anak dan dewasa. Kemeriahan lomba 17 an di Dusun Jatian, Desa Koncer Kidul bertahan hingga hari terakhir perlombaan. Selama tiga hari perlombaan, jumlah peserta anak-anak dan dewasa mencapai seratus orang lebih. Guna menyemarakan perlombaan, Kelompok KKN UMD 351 juga telah menyiapkan berbagai hadiah yang menarik seperti untuk anak-anak yang hadiahnya diberikan dalam bentuk buku, alat tulis, dan makanan ringan, sedangkan hadiah untuk dewasa berupa minyak goreng, gula, mi kering, sutil, capitan, dan panci. Pemberian hadiah akan dilaksanakan pada Minggu, 21 Agutus yang dibarengi dengan agenda senam pagi bersama.

Kami, Kelompok KKN UMD 351 sungguh mengapresiasi partisipasi dan juga kemeriahan yang disumbangkan oleh peserta dan juga penonton. Kami juga berterima kasih pada perangkat desa dan warga Dusun Jatian yang telah mendukung dan banyak membantu kami menyukseskan acara lomba 17 an.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline