Lihat ke Halaman Asli

Penyebab Jerawat yang Sering Tidak Disadari

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Penyebab Jerawat yang Sering Tidak Disadari

Selain faktor hormon, genetik, makanan maupun pemakain produk kecantikan, ada banyak hal pula yang menyebabkan seseorang terserang jerawat, bahkan hal-hal yang sering tidak disadari dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Sarung bantal. Sarung bantal sering diselimuti sel kulit mati, kotoran, sisa makeup, debu dan sebagainya. Hal ini diperparah jika Anda sering tidak membersihkan wajah sebelum tidur. Maka gantilah sarung bantal dan seprai secara teratur.

Selain itu, tangan juga menjadi salah satu hal penyebab jerawat. Tangan yang tampak bersih sebenarnya mengandung banyak bakteri dan kotoran. Hindari memegang-megang wajah dengan tangan, apalagi jika Anda sedang beraktivitas. Cuci tangan sebelum membersihkan wajah. Pastikan Anda hanya memegang wajah setelah mencuci tangan. Tangan juga harus bersih saat Anda mengaplikasikan kosmetik dan makeup.

Kurang tidur dan stress. Kurang tidur akan membuat tubuh Anda stres. Saat stres datang, disinilah jerawat bisa datang gila-gilaan di wajah dan bagian tubuh lain. Maka pastikan Anda tidur dengan teratur setidaknya 6 jam setiap hari. Tidur juga akan membuat kulit lebih bersinar karena terjadi regenerasi kulit selama tidur.

Dan yang terakhir ialah memencet jerawat itu sendiri. Memencet jerawat kadang dianggap sebagai cara yang benar untuk mengempeskan jerawat. Padahal seringkali cara ini dilakukan dalam kondisi tangan yang kotor, sehingga banyak kuman yang masuk ke pori-pori hingga membuat jerawat makin meradang dan parah. Kebiasaan ini juga bisa meninggalkan jaringan parut di kulit. Maka saat jerawat datang, serahkan pada salep atau krim pengempis jerawat.

Berhati-hatilah dalam hal merawat wajah guys, perhatikan setiap hal agar terhindar dari wajah kusa., kering dan jerawat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline