Lihat ke Halaman Asli

Fery Adriansyah

MAHASISWA S1 UNIVERSITAS JAMBI

Kamu Wajib Tahu! Inilah Pemikiran Ekonomi Islam Masa Imam Al-Ghazali

Diperbarui: 21 Oktober 2021   14:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM MASA IMAM AL-GHAZALI

A. BIOGRAFI IMAM AL GHAZALI 

Imam Al Ghazali bernama asli Abu Hamid Muhammad bin Muhmmad Al Ghazali Ath Thusi As Syafi'i. beliau lahir di kota Tus sebuah kota kecil di wilayah Khurasan Iran pada tahun 450 H atau (1058 M). Gelar As Syafi'i merupakan gelar dimana beliau bermazhab Syafi'i. Beliau belajar bahasa Arab dan fiqh di kota Tus dan kemudian ia pergi ke kota Jurjan untuk belajar dasar-dasar ilmu fiqh. setelah kembali dari Jurjan beliau mempelajari ilmu rihlah di kota Niasisabur. Dikota ini beliau belajar kepada Al Haramain Abu Al Ma'ali Al Jawaini. Setelah itu beliau pergi ke Baghdad ibu kota Abbasiyah dan disana beliau diangkat menjadi guru di Madrasah Nizhimiyah. 

Pada akhirnya beliau memutuskan untuk menempuh tasawuf sebagai jalan hidupnya. Beliau pergi ke Syiria dan Palestina untuk merenung dan membaca serta membuat karya tulis selama kurang lebih 2 tahun. Dikota kelahirannya beliau mendirikan sebuah madrasah bagi fuqoha dan mutashawwin. Imam Al Ghazali meninggal dunia pada 14 Jumadil Akhir tahun 505 H atau 1111 tahun masehi di Thus. Jenazahnya di ke bumi kan di tempat kelahirannya di Iran.

B. KARYA KARYA IMAM AL GHAZALI

Beliau pernah menulis sekitar 300 buku serta hasil karyanya tersebut telah direferensi oleh 44 pemikir bangsa barat dan diterjemahkan ke dapalan berbagai bahasa. Karya tulis beliau meliputi ilmu tasawuf, filsafat, fiqh dan tafsir. Adapun karyanya ynag berkaitan dengan ilmu ekonomi adalah kitab Shifa Al-Ghalil Fi Al-Qiyas yang memperkenalkan ide ide tentang maslahah manusia yang harus dijaga yaitu agama, akal, harta, keturunan dan harta.

C. PEMIKIRAN EKONOMI IMAM AL GHAZALI

Pemikiran beliau didasari pada tasawuf karena pada masa beliau , orang orang kaya berkuasa dan sulit menerima pendekatan fiqh dan filosofis dalam mempercayai hari akhir atau yaummul hisab . Secara ekonomi hal yang diperhatikan dalam pemikiran beliau adalah konsep kesejahteraan islam atau maslahat. Konsep kesejahteraan sosial ini sulit diruntuhkan dan telah di rindukan oleh para ekonom kontemporer.

Konsep ekonomi Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin antara lain :

1. Pertukaran uang dan evolusi uang

Menurut beliau evolusi pasar sebagai bagian dari hukum alam segala sesuatu yaitu hasrat yang timbul dalam diri sendiri untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. adapun kode etik yang ditulis Imam Al Ghazali adalah :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline