Saat ini , seiring berkembangnya teknologi , kita dapat mengembangkan diri kita melalui apa saja , seperti contoh kita dapat menggunakan media sosial untuk memperkenalkan diri kita kepada orang yang itu tidak kita kenal sama sekali. Seperti banyak yang menggunakan media instagram untuk saat ini , apalagi di dunia instagram telah mencapai 400 juta pengguna , dilansir dari KompasTekno dari The Next Web, Rabu (23/9/2015) termasuk Indonesia sebagai penggunanya. Instagram yang menyuguhkan orang untuk berekspresi di media sosial melalui foto , yang mana foto memiliki 1000 makna didalamnya. Di instagram juga , tidak ada batasan teman yang harus kita miliki , seperti salah satu media sosial facebook yang haya dibatasi jumlah pertemanannya sebanyak 5000 teman. Munculnya instagram ini menjadikan orang ingin mencari foto terbaik mereka supaya mereka mendapatkan love atau di media sosial lain disebut like yang banyak. Dari sini , pengguna istagram mulai mencari tempat dimana yang menurut mereka bagus untuk foto. Tidak hanya tempat saja yang mereka cari , tetapi industri kamerapun sekarang mulai banyak juga bersaing untuk memenuhi pengguna yang sekarang sedang marak-maraknya media sosial instagram yang mana mereka menampilkan foto saja dan sedikit tulisan dibawah foto tersebut.
Semakin berkembangnya instagram dan semakin banyak penggunanya , salah satu stasiun TV menayangkan acara jalan-jalan atau adventure memperkenalkan bagian-bagian tempat wisata di Indonesia yang sudah tidak asing lagi pada saat ini. Cara penayangannyapun cukup bagus , cara memperkenalkannyapun acara tersebut cukup bagus juga. Dari penayangan tersebut muncullah sedikit demi sedikit orang yang pensaran dan mengunjungi tempat wisata tersebut dan alasan mengapa mereka datang ketempat tersebut adalah hanya untuk foto dan ingin dimasukkan instagram. Orang secara tidak langsung berlomba-lomba untuk datang ke tempat wisata yang menurut mereka itu bagus untuk berfoto. Tidak menutup kemunginan , acara yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi itu secara tidak langsung mempengaruhi pemikiran khalayak umum yang menontonnya. Efeknya positif sekarang , banyak tmpat wisata yang banyak dikunjungi setelah adanya penanyangan tempat wisata di stasiun televisi tersebut dan meningkatnya ekonomi warga sekitar dan pemerintah daerah melalui wisata alam yang ada di sekitarnya. Efek negatifnya adalah kerusakkan alam yang terjadi di wisata alam tersebut , karena ulah orang yang mengunjungi tempat wisata tersebut tidak bertanggung jawab , dalam artian membuang sampah sembarangan di tempat wisata tersebut , tentu hal ini berdampak buruk bagi wisata alam tersebut karena lama-kelamaan akan terlihat kotor.
Didalam teori yang ada di teori komunikasi uses and gratification menurut Katz. Dijelaskan bahwa teori ini mengasumsikan bahwa pengguna mempunyai asumsinya untuk memuaskan pilihannya didalam kepuasaanya. Dikasus yang terjadi sekarang , apa yang ditayangkan oleh stasiun televisi yang mengangkat tema jalan-jalan / adventure ini sangat mempengaruhi penontonnya , dan penonton tayangan tersebut memilih untuk ikut-ikut oleh apa yang ditayangkan oleh media televisi tersebut , dan mereka merasa puas melakukan apa yang sama dilakukan oleh apa yang ditayangkan oleh stasiun televisi tersebut. Kesimpulannya , stasiun televisi selalu akan berusaha memenuhi apa yang khalayak umum butuhkan , seperti munculnya instagram yang secara tidak langsung mengajak orang-orang berlomba-lomba bagaimana cara mendapatkan suatu hasil foto yang bagus , dan akhirnya dibentuklah atau disiarkanlah penayangan acara tersebut untuk membantu dan memperkenalkan kepada khalayak umum tempa-tempat wisata yang bagus yang berada di wilayah Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H