Lihat ke Halaman Asli

Fery. W

Berharap memberi manfaat

Biarkan Rekonsiliasi Berjalan Alami

Diperbarui: 6 Juli 2019   12:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mediaindonesia.com

Rekonsiliasi pasca pilpres didorong oleh banyak pihak, terutama oleh para pihak yang concern akan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Polarisasi yang sangat tajam sepanjang proses pilpres 2019 menjadi sebuah kekhawatiran yang berdampak terhadap keutuhan bangsa.

Mahfud MD misalnya bersama dengan para tokoh lain mendirikan gerakan Suluh Kebangsaan  yang banyak berbicara rekonsiliasi pasca pilpres. Apa yang para tokoh itu lakukan harus diapresiasi karena mereka melakukannya atas dasar kesadaran persatuan Indonesai. Mereka memiliki keyakinan bahwa persatuan itu sebuah keniscayaan menuju Indonesia adil dan makmur dan sejahtera.

Begitu pun Jokowi sang petahana, sekaligus presiden terpilih. Upayanya untuk bertemu pentolan kubu sebelahnya terus dilakukan  dalam rangka rekonsiliasi, mulai dari selesai pemungutan suara dengan mengirimkan utusan agar kemudian bisa bertemu dan menurunkan tensi politik saat iti sampai setelah putusan MK.

Usaha yang terus dilakukan tokoh-tokoh bangsa untuk rekonsiliasi dampak justru jadi kontraproduktif. Pihak kelompok pendukung Prabowo jadi merasa besar kepala seolah mereka dibutuhkan. Berbagai manuver dilakukan mereka seperti mencoba mengkaitkan proses rekonsiliasi dengan negoisasi masalah hukum yang sedang dialami beberapa pendukungnya.

Belum lagi komentar-komentar pendukung mereka ditingkat akar rumput. Mereka merasa keinginan Jokowi untuk rekonsiliasi menunjukan Jokowi itu memang berlaku curang dalam memenangi pemilu dan untuk legitimasi makanya dia minta ke Prabowo untuk rekonsiliasi. Aneh memang cara berpikir mereka itu, kecurang yang mereka tuduhkan kan sudah di sidang di Mahkamah Konstitusi dan tidak dapat dibuktikan oleh mereka. Makanya semua poin gugatannya di tolak hakim MK secara bulat.

Jadi tidak ada hubungannya rekonsiliasi dengan tuduhan kecurangan mereka. Mengingat hal ini, saya rasa tidak perlu lagi lah terus mendorong-dorong rekonsiliasi, biarkan semua berjalan alami saja. Toh pada kenyataannya cuma di dunia maya saja ribut-ribut masih terjadi itu pun dengan intensitas yang jauh sekali berkurang dibanding  pada saat proses pilpres belum selesai.

Di dunia nyata saya rasa semuanya baik-baik saja. Semua sudah mulai move on kok. Masa mau kehidupan ini dipenuhi suasana dan kondisi serasa pemilu terus yang penuh ketegangan. Mungkin ada pihak yang merasa diuntungkan jika suasana tegang terus dan polarisasi terjadi sepanjang hayat dikandung badan. Tapi biarkan saja toh masyarakat juga memiliki nalar sendiri, mereka akan mampu menilai  keadaan yang sebenernya terjadi.

Ayo kita move on, rekonsiliasi atau tidak, the life must go on. Yang terpenting apapun yang dilakukan pemerintahan Jokowi di periodenya yang ke-2 ini berbuat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat. Dan Ingat tunaikan semua janji-janji kampanye nya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline