Lihat ke Halaman Asli

Ferry Santosa

Professional Coach & Trainer

Inilah 4 Hal yang Menjamin Anda Sulit Mengalami Terobosan Hidup!

Diperbarui: 10 Maret 2023   18:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi orang yang tidak mengalami terobosan hidup (Foto: Pexels.com/Kat Smith)

Siapa yang tidak ingin mengalami terobosan dalam hidupnya? Semua orang kalau ditanya pertanyaan ini, pasti menjawab ingin mengalami terobosan dalam kehidupannya. Apalagi kalau kondisi dan keadaan mereka saat ini sedang mengalami keterpurukan dalam berbagai area di kehidupan mereka.

Sebenarnya, apa saja hal yang menyebabkan seseorang sulit mengalami terobosan dalam hidup? Kita akan kupas tuntas semua faktor-faktor yang harus diperhatikan supaya tidak mengalami hal tersebut.

1. Rendah Diri

Perasaan rendah diri timbul akibat kita terlalu membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Misalnya, kita melihat bahwa tetangga kita lebih makmur daripada kita, teman kita memiliki kekayaan yang lebih mentereng daripada kita, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya perasaan rendah diri tersebut. 

Contoh lain, misalnya Anda adalah seorang penulis. Anda merasa kemampuan menulis Anda masih jauh jika dibandingkan dengan para penulis yang sudah jauh lebih hebat dan bahkan terkenal. Ini akan membuat Anda merasa rendah diri dan ujung-ujungnya tidak mengembangkan potensi atau kemampuan menulis Anda.

Seharusnya, kita tidak perlu berpikiran untuk terlalu membanding-bandingkan kondisi kita dengan orang lain. Yang harus kita pikirkan adalah bagaimana agar kita dapat selalu menjadi lebih baik dibandingkan dengan kondisi diri kita sebelumnya. 

Dengan demikian, perasaan rendah diri akan hilang dengan sendirinya karena kita tidak menjadikan kondisi orang lain sebagai patokan yang harus kita capai.

2. Malas

Rasa malas umumnya terjadi karena seseorang pada dasarnya tidak punya keinginan terhadap sesuatu hal. Mereka tidak memiliki tujuan, target, ataupun cita-cita yang ingin dicapai dalam hidupnya. 

Hal inilah yang menyebabkan mereka cenderung tidak memiliki gairah untuk menjalani kehidupan. Seorang pelajar yang memiliki mimpi dan cita-cita akan lebih semangat dalam belajar dibandingkan pelajar yang tidak memiliki cita-cita apapun. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline