Pekerjaan posisi sosial media spesialis adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mempromosikan konten media sosial untuk suatu organisasi atau perusahaan. Tugas utama dari seorang sosial media spesialis meliputi pengembangan strategi media sosial, membuat konten, menyebarluaskan konten melalui berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain, analisis data, dan memonitor aktivitas media sosial.
Beberapa tugas khusus yang biasa dilakukan oleh seorang spesialis media sosial antara lain:
- Mengembangkan strategi media sosi
- Membuat, mengedit, dan memposting konten media sosia
- Menanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan atau mitra perusahaan melalui sosial media
- Memonitor dan melacak performa media sosial
- Menjalin hubungan dengan influencer atau pengguna sosial media lainnya untuk keperluan promosi atau endors sebuah produk perusahaan atau jasa
- Mengelola kampanye iklan berbayar di platform media sosial. Seperti halnya Facebook ads, Instagram ads, google ads, dan lain-lain
Untuk skill/kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang sosial media spesialis meliputi:
- Pemahaman yang baik tentang media sosial dan tren digital
- Kemampuan untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas tinggi
- Kemampuan analitis dan paham tentang tools analisis data media sosial
- Kemampuan untuk bekerja dalam tim dan berkomunikasi dengan baik
- Kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik dan bekerja dengan tenggat waktu yang ketat. Dengan kata lain, ia harus bisa membaca situasi dan kondisi (sikon) kapan waktu yang tepat untuk mengumpulkan bahan konten, ngedit gambar atau video, dan kapan waktu yang tepat untuk memposting konten sebuah produk atau jasa di berbagai jejaring sosial media
- Keterampilan desain grafis dan fotografi juga bisa menjadi nilai plus
Tentang gaji, bergantung pada perusahaan atau organisasi yang mempekerjakannya. Untuk pekerjaan dengan posisi seorang sosial media spesialis, gaji dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti ukuran perusahaan, pengalaman kerja, lokasi, dan jenis industri. Namun, secara umum, rata-rata gaji seorang spesialis media sosial di Indonesia berkisar antara 5 hingga 15 juta rupiah per-bulan. Seseorang yang memiliki pengalaman kerja yang lebih banyak atau memiliki kemampuan khusus tertentu dalam media sosial seperti manajemen kampanye iklan berbayar, bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Namun, pastikan untuk selalu melakukan penelitian gaji sebelum melamar pekerjaan sehingga kamu dapat mengetahui gaji yang wajar untuk posisi dan industri yang kamu tuju.
Gimana, setelah anda mengetahui cara kerja untuk pekerjaan sosial media spesialis dengan besaran gaji yang telah disebutkan diatas, apakah anda berminat untuk melamar pekerjaan tersebut? Jika "Ya", pastikan anda memiliki kemampuan atau skill yang telah saya sebutkan diatas.
*Artikel ini pernah ditulis di blog pribadi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H