Lihat ke Halaman Asli

Fernando Diotara Mahardika

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Bersih-bersih Sampah bersama Mahasiswa Sipil UM di Pantai Balekambang

Diperbarui: 29 Mei 2021   17:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Malang - Pantai Balekambang merupakan salah satu wisata yang berada didaerah Malang Selatan yang sangat di minati oleh anak kecil, remaja, maupun orang tua. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah ditambah lagi dengan pasirnya yang berwarna putih sehingga banyak di minati oleh pengunjung di setiap tahunnya. Namun sangat di sayangkan, kebersihan pantai ini masih kurang terjaga dan bisa dikatakan kotor. Adapun berbagai pendapat tentang kebersihan pantai ini.

"Sudah 3 kali saya dan teman-teman berkunjung kepantai ini, tapi ya seperti yang bisa dilihat bahwa lingkungan pantai ini masih saja berserakan sampah dimana mana. itupun bukan hanya sampah dari pengunjung maupun pedagang, namun banyak juga dedaunan kering yang berserakan dan seperti jarang dibersihkan. Saya juga jarang melihat adanya tempat sampah jadi saya harus membawa sampah saya sendiri hingga menemukan tempat untuk membuangnya. mungkin kedepannya pengelola wisata  dapat memperbanyak tempat sampah dan mempekerjaka petugas kebersihan lebih banyak lagi karena tiket masuknya juga" Ujar monica pengunjung pantai Balekambang, Malang. (28-03-2021)

Dokpri

Selain monica ada juga lumba lumba yang memberikan pendapatnya mengenai kebersihan di pantai Balekambang ini.

"Saya sudah sekitar 6 tahunan lebih berdagang didaerah pantai ini, Bagi saya kebersihan itu sangat berpengaruh sebagai daya Tarik para wisatawan. Karena dulu saat pantai ini masih bersih dan asri banyak sekali pengunjung yang datang dan dengan itu penghasilan saya cukup besar, dan beberapa tahun belakangan ini pantai sudah tidak terawat dan hampir setiap hari ada sampah berserakan, entah itu karena perbuatan pengunjung atau dari petugas kebersihan yang kurang bekerja dengan baik. Sehingga pantai yang kotor dan pengunjung yang berkurang membuat dagangan saya jarang ada yang beli dan penghasilan saya menurun." Ujar Pak Mul pedagang cilok.

Dari wawancara yang telah dilakukan didapat kesimpulan bahwa kebersihan menjadi salah satu daya Tarik bagi pengunjung untuk liburan ke tempat wisata. Dengan kondisi pantai Balekambang yang ternyata kotor dan kurang terpelihara, kami dari S1 Teknik Sipil Offering B Universitas Negeri Malang melakukan aksi langsung untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan disekitar kami dengan-masing dari kami membawa kantong plastik merah besar untuk mengumpulkan sampah tersebut lalu dibuang ketempat sampah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline