Lihat ke Halaman Asli

Tomorow is a Miracle

Diperbarui: 26 Juni 2015   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

“Hari kemarin selalu menarik dikenang hari ini dan menuntun perjalanan  hari esok (Fernandes Sparker Nato)

Masa lalu yang buram sering membelenggu kebebasan untuk meraih hari esok yang lebih gemilang. Setiap mengingat akan keburaman hari kemarin, persoalan-persoalan itu akhirnya menjadi terus aktual dan seakan-akan baru terjadi. Membelenggu kebebasan sosial, merantai pikiran untuk berpikir lebih baik demi mencapai kehidupan yang lebih layak di hari esok.

Demikian halnya dengan masa silam yang penuh kegemerlapan. Hari-hari yang begitu indah, hidup ini laksana tanpa persoalan. Setiap kali teringat akan kegemerlapan hidup di masa lalu, hidup masa lalu itu seolah-olah berjalan dalam kekinian.Setelah merefleksikan kembali tentang hari-hari yang telah  ditapaki, hidup serasa  tersandra oleh cerita-cerita masa silam, penuh ketidaksadaran dan kemunafikan.Canda dan tawa keakraban masa silam masih menyisakan  kehangatan yang terus menghangatkan. Butuh kebernian untuk meninggalkan keindahan masa silam yang kini hanya menjadi sejarah pelengkap kisah perjalanan hidup.

Hidup hanya untuk dilahirkan  tanpa memiliki orientasi adalah hidup yang sama sekali tidak layak untuk diteruskan. Menegasi diri dari masa lalu, melahirkan cara pandang baru tentang esensi dari sebuah kehidupan. Kesalahan-kesalahan masa lalu merupakan pengalaman terindah yang harus dipetik hikmahnya untuk dijadikan guiden demi meracik masa depan yang gemilang.

Hidup itu dinamis, bergerak  menuju sebuah orientasi. Hidup itu selalu digerakan oleh sebuah tujuan, bila tujuan baik maka akan baik pula  cara  untuk menempuhnya dan bila tujuannya adalah sebuah ketidakadilan, maka ketidakalanlah jalan yang harus ditempuh.  Jadi sangat baik bila kehidupan itu digerakan oleh sebuah tujuan yang mulia.

Meninggalkan cerita hari kemarin yang penuh debu dan lumpur, tanpa meninggalkan pesan dan makna darinya merupakan sebuah keberanian. Merefleksikan kehidupan lebih dalam agar lebih bermakna adalah sikap yang sangat bijaksana. Kesuksesan besar hari ini, memang tidak terlepas dari pergumulan-pergumulan yang diseberangi dari hari kemrain. Engkau adalah produk dari pikiranmu yang kemarin.

Pengalaman masa lalu selalu menyapaikan pesan tersendiri untuk merajut hari esok. Ada banyak kisah telah terlewati. Kisah cinta merupakan bagian dari proses pendewasaan diri seseorang. Kisah cinta menjadi bahan ceritera  yang selalu ingin  dikisahkan. Merebut pacar atau menjadi rebutan adalah episode yang paling menarik untuk terus dikisahkan. Episode ini seakan-akan tak pernah tamat. Perselingkuhan selalu menjadi bagian lain yang menarik untuk dikisahkan, tapi mungkin kesakitan bagi yang diduakan cintanya. Pastinya, setiap orang memiliki kisah masa lalu. Jangan campakan masa lalu, petiklah hikamhnya menuju hari yang fitrah. Selamat berlebaran 1431 H, Mohon maaf lahir & Batin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline