Lihat ke Halaman Asli

Ferly Safel

Mahasiswa

Tiga Amalan Utama di Bulan Ramadhan

Diperbarui: 11 April 2023   11:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Ramadan merupakan bulan yang ditunggu tunggu bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia.Ramadan adalah bulan yang mulia karena terdapat banyak kemuliaan di dalamnya, salah satunya yaitu seluruh amal ibadah yang dilakukan akan diberi pahala yang berlipat ganda.Setiap umat Islam akan berlomba-lomba untuk melakukan amal kebaikan di bulan mulia ini.

Kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh dilakukan oleh seluruh umat Islam di dunia pada bulan Ramadan. Banyak kemuliaan yang akan kita didapatkan dengan berpuasa, tetapi tidak semua orang yang berpuasa akan mendapatkan kemuliaan yang disebut dengan takwa. Dalam berpuasa, hanya orang-orang yang serius dan bersungguh-sungguh sajalah yang mendapatkan takwa. Maka dari itu, untuk meraih ketakwaan terdapat tiga amalan utama yang dapat dilakukan seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw.

1. MENINGKATKAN SHOLAT

Meningkatkan salat berarti yang awalnya hanya sekadar mengerjakan yang fardu maka kini ditambah dengan sholat sunah. Sholat sunah merupakan salat yang dapat dikerjakan di luar salat fardu. Salah satunya adalah salat sunah rawatib, yaitu salat yang melekat dengan sholat fardu yang dapat dilakukan sebelum maupun setelah sholat fardu.Salat rawatib terdiri dari dua belas rakaat, di antaranya dua rakaat sebelum Subuh, empat rakaat sebelum Zuhur, dua rakaat setelah Zuhur, dua rakaat setelah Magrib, dan dua rakaat setelah Isya.Sholat sunah rawatib sebelum Zuhur, diperbolehkan dua rakaat saja jika waktunya terbatas.

2. BANYAK MEMBACA AL-QUR’AN

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. karena memberikan manfaat yang sangat banyak baik di dunia maupun di akhirat. Selain itu, membaca Al-Qur’an merupakan salah satu amalan yang sangat penting di bulan Ramadan. Di bulan Ramadan, targetnya haruslah khatam tiga puluh juz.

Strategi yang dapat dilakukan agar lebih mudah mengkhatamkan Al-Qur’an yaitu dengan sehari satu juz, lalu satu juz dibagi dalam lima waktu sholat, kemudian dibagi lagi menjadi sebelum dan setelah salat. Jika strategi ini konsisten dilakukan maka di akhir Ramadan insyaallah dapat mengkhatamkan tiga puluh juz Al-Qur’an.

3. INFAK DAN SEDEKAH

Perbanyaklah infak dan sedekah di bulan Ramadan karena bertepatan dengan waktu yang sangat mulia sehingga setiap amalan akan dilipatgandakan pahalanya yaitu berupa 700 kali lipat dikali sepuluh. Selain itu, infak dan bersedekah dapat membantu banyak orang yang membutuhkan apalagi di masa pandemi saat ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline