Lihat ke Halaman Asli

Ferliana Maysaroh

Mahasiswa UIN MALANG

Wow! 400 Saledri Dibagikan untuk Masyarakat Dusun Delik oleh KKM-DR UIN Malang

Diperbarui: 3 Februari 2022   19:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

   

KKM-DR UIN Malang 2021/2022 mengadakan prospek kerja di Dusun Delik Madiredo. Proker ini yakni penanaman 400 saledri dengan media polybag untuk di sebarkan ke setiap RT Dusun Delik, Rabu (05/01/2022).

Kegiatan Ini merupakan salah satu kegiatan yang kami buat dengan izin dan support langsung oleh ketua Dusun Delik yakni Bapak Candra. Penanaman saledri  dijadikan proker utama karena melihat keadaan Dusun Delik serta bagaimana cara kita selaku KKM-DR dapat memenuhi kekurangan dan memanfaatkan hasil dari Dusun Delik itu sendiri.

Tahap awal KKM-DR menyiapkan tanah yang diambil langsung di kebun warga sekitar, kemudian persiapan pupuk yang akan di campur dengan tanah, pupuk langsung di ambil dari hasil kotoran sapi dirumah warga sekitar, satu 2 hari kami dapat menyelesaikan proses pemasukan media polybag dengan mencampur tanah dengan pupuk kendang kemudia disiramin air bersih lalu di diamkan kurang lebih 1 jam man. 

setelah itu lanjut pada tahap penanaman saledri yang semula kami beli bibut saledri dengan harga Rp.50.000 permeter sudah memperoleh satu kantong plastik merah saledri, kemudian proses proses  penanaman dengan bibit saledri kedalam polybag yakni sebanyak 400 polybag, kami langsung dibimbing oleh masyarakat yang ahli dalam penanaman ini yakni Bapak Budi, Mas Syahrul. 

Waktu yang kami butuhkan untuk proses pemasukan tanah dan penanaman yakni 2 hari. Setelah tahap demi tahap selesai KKM-DR melanjutkan perawatan saledri selama 1 mingguan atau sekitar 13 harian, mulai dari penyiraman saledri dengan 2 kali siram yakni pada pagi hari dan sore hari. Pemberian pupuk/ mes Mutiara pada setiap saledri di polybag untu mempercepat pertumbuhan saledri

Senin 17 Januari merupakan simbolis penyerahan 400 polybag secara resmi oleh KKM-DR kepada ketua Dusun. "Proker ini sangat membantu kekompakan masyarakat, " ujar ketua Dusun. Selasa, 18 Januari 2022 mulai pembagian saledri pada RT 31 pembagian berlanjut  sampai tanggal Jum'at 21 Januari. Pembagian kita letakkan pada setiap gang pojok RT. Depan halaman rumah yang area lingkungannya Panjang. tujuan utama dalam proker ini yakni untuk meningkatkan ekenomi dengan setiap panen hasilnya di taruk dalam Kas RT serta meningkatkan kesolidaritasan warga Dusun delik untuk kekompakan antar warga serta pentingnya keasadaran merawat tanaman




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline