Lihat ke Halaman Asli

Feri Tiona

Dosen Pendidikan Matematika FKIP UNJA

PPM Dosen Pendidikan Matematika FKIP UNJA Sukses Mengadakan Pelatihan Pembuatan Film Animasi Pembelajaran

Diperbarui: 5 Oktober 2023   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jambi -- Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) Dosen Pendidikan Matematika Universitas Jambi yang berjudul: "Pelatihan Pembuatan Film Animasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Toontastic 3D Bernuansa Budaya Jambi sebagai Upaya Optimalisasi Literasi Teknologi Bagi Guru SMP Negeri 5 Kuala Tungkal, SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Barat dan SMP Muhammadiyah Kuala Tungkal".

Kegiatan PPM ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan literasi teknologi bagi guru, khususnya guru SMP Negeri 5 Kuala Tungkal, SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Barat dan SMP Muhammadiyah Kuala Tungkal untuk melakukan inovasi pembelajaran yang berkualitas menggunakan teknologi. Sehingga selain guru mampu membuat media pembelajaran yang menarik dan kreatif, siswa juga termotivasi dengan pembelajaran matematika melalui penggunaan media pembelajaran audio-visual berbentuk film animasi Toontastic 3D.

Kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan kemampuan guru dalam mendesain bahan ajar dan media pembelajaran, tidak hanya menggunakan Toontastic 3D tetapi dapat mengaplikasikan teknologi dengan software-software pembelajaran lainnya, seperti Plotagon Studio, Animaker dan lain sebagainya. Selain itu, pelatihan ini juga menekankan pada pembuatan film animasi pembelajaran yang bernuansa budaya Jambi untuk meningkatkan literasi budaya bagi siswa dengan mengenalkan budaya Jambi kepada mereka melalui pembelajaran matematika berbantuan film animasi.

Pelaksanaan kegiatan diadakan secara luring di SMP Negeri 5 Kuala Tungkal pada hari Kamis, tanggal 14 September 2023 dengan jumlah peserta yang terlibat adalah mitra SMP dan SMA di Tanjung Jabung Barat sebanyak 40 peserta. Tim PPM diketuai oleh Drs. Sufri, M.Si. dengan anggota tiga Dosen Pendidikan Matematika yakni Feri Tiona Pasaribu, M.Pd., CIT., Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc., dan Ranisa Junita, S.Pd., M.Pd., serta 7 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dan workshop serta pemberian buku panduan kepada peserta, tim PPM membagi kegiatan dalam tiga tahap dan beberapa metode, yaitu (1) metode ekspositori dipandu oleh tim dosen dalam menyampaikan materi (teori-teori) tentang penggunaan dan pembuatan film animasi pembelajaran menggunakan Toontastic 3D beserta software-software pendukung lainnya bernuansa budaya Jambi.

(2) metode demonstrasi dengan bimbingan tim mahasiswa memberikan kesempatan kepada peserta untuk berlatih menggunakan aplikasi untuk membuat film animasi dan merancang desain awal membuat media pembelajaran berupa film animasi menggunakan aplikasi Toontastic 3D, serta mencari solusi dan melakukan analisa terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan film animasi pembelajaran, (3) metode diskusi dan tanya jawab seputar topik pembuatan media pembelajaran berupa film animasi menggunakan Toontastic 3D.

Selama pelaksanaan kegiatan yang dilakukan mendapatkan respon positif dari peserta. Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan pembuatan film animasi pembelajaran menggunakan aplikasi Toontastic 3D sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa. Antusiasme peserta terlihat pada sesi diskusi dan tanya jawab, banyak guru yang sharing permasalahan mereka dan saling berbagi pengalaman, baik antara guru dengan guru maupun antara guru dengan Tim PPM. Dipenghujung kegiatan, tim PPM menyebarkan angket sebagai bentuk evaluasi kegiatan. Dari hasil angket respon tersebut diperoleh informasi bahwa kegiatan sangat bermanfaat dan dinilai sangat baik oleh peserta.

Dengan adanya kegiatan PPM ini, besar harapan dari tim PPM untuk dapat membantu para guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran melalui penggunaan media pembelajaran berbentuk film animasi menggunakan aplikasi Toontastic 3D dan software pendukung lainnya, sehingga diharapkan pendidikan akan lebih maju dengan guru-guru yang memiliki keterampilan dalam meningkatkan kualitas diri. Selain itum kegiatan ini juga dapat menjalin hubungan yang lebih erat antara akademisi (Perguruan Tinggi) dengan praktisi (guru) agar terjalin sinergi antara kampus dan sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline