Lihat ke Halaman Asli

Mengapa harus Sekolah Kristen Calvin? - Komunitas Pembelajar

Diperbarui: 28 September 2015   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selain aspek panggilan pada masing-masing individu guru, Sekolah Kristen Calvin juga berhasil menciptakan sebuah komunitas guru-guru pembelajar sebagai sumber daya organisasional yang memiliki keinginan kuat untuk terus meningkatkan kompetensi. Sekolah Kristen Calvin mengembangkan atmosfer belajar baik untuk siswa maupun guru. 

Baca juga: Mengapa harus Sekolah Kristen Calvin? - Guru Berkualitas

Baca juga: Sekolah Kristen Calvin, Sekolah Visioner yang Melawan Arus Zaman

Kunjungi juga: Website Sekolah Kristen Calvin

Di dalam sekolah, kami juga sangat mengembangkan budaya akademis karena kami mau melatih orang dalam akademis. Budaya itulah yang kami ciptakan. Bukan hanya murid-murid saja yang belajar karena kami nanti berbicara mengenai komunitas. Jadi, bukan hanya murid-murid yang belajar, gurunya pun dimasukkan dalam suatu atmosfer yang belajar. (Pak Ivan, Koordinator Sekolah Kristen Calvin)

Komunitas ini dapat terbentuk karena adanya kesadaran dari guru-guru untuk terus mau belajar dan mengembangkan diri. Bu Happy, Kepala SD Kristen Calvin menyatakan bahwa bahwa guru-guru didorong oleh suatu kesadaran akan hidup yang hanya satu kali sehingga dalam hidup satu kali ini tidak boleh menyia-nyiakan waktu yang ada tanpa mengembangkan potensi dan kemampuan diri. Kesadaran seperti ini dapat muncul karena guru-guru belajar semangat dari wawasan Reformed Injili yang mengajarkan guru-guru untuk mempunyai sikap tanggung jawab terhadap Tuhan bukan sekedar kepada atasan.

Kesadaran untuk menggali potensi sebenarnya. Masing-masing memiliki pergumulan yang didorong dari pengetahuan hidup ini hanya satu kali lalu hidup inilah “coram deo”. Dengan kesadaran itu, guru-guru melihat adanya kesempatan dan merebut kesempatan itu. Ambil contoh, guru-guru kami satu per satu ambil studi. Saya pikir itu didorong pengetahuan terhadap Allah lalu mengetahui hidup ini hanya satu kali. Dan juga teologi waktu sehingga tidak ada yang bermain-main. Kami bertanggung jawab bukan kepada Pendiri, bukan kepada Koordinator, bukan bertanggung jawab kepada kepala sekolah, tapi kami memiliki kesadaran, kami bertanggung jawab yang pertama adalah kepada Tuhan. Nah, masalah komunitas pembelajar, memang otomatis karena teologi Reformed sangat menekankan mandat budaya. Taklukkan bumi, untuk menaklukkan bumi kami harus memiliki pengetahuan. Dan seluruh kebenaran adalah kebenaran dari Allah sehingga kami tidak membatasi diri untuk belajar apa pun. Jadi, pengertian teologi, mandat budaya itu membuat, bukan hanya komunitas Sekolah Calvin, tetapi orang Reformed yang benar-benar memahami tentang teologi Reformed akan berpikir bahwa seluruh aspek perlu digali untuk dibawa kembali kepada Allah sehingga gairah yang ada pada guru-guru di Sekolah Calvin membuat guru-guru bisa berdiskusi tentang banyak hal, tidak terlepas dari pengetahuan tentang teologi Reformed, khususnya mandat budaya tadi. (Bu Happy, Kepala SD Kristen Calvin)

Tercatat kualifikasi yang dimiliki guru-guru Sekolah Kristen Calvin meliputi 15 lulusan S2, 43 orang lulusan S1, 5 orang lulusan D3, dan 5 orang lulusan SMA. Beberapa di antaranya sedang melanjutkan studi, yaitu 7 orang sedang menyelesaikan studi S2 dan 2 orang sedang menyelesaikan studi S3 (Data per Bulan November 2014).

Selain jalur formal yang ditempuh oleh guru-guru, proses pembelajaran informal juga terus ditekuni oleh guru-guru Sekolah Kristen Calvin melalui membaca buku, mengikuti seminar dan pelatihan. Bahkan ada kebiasaan di kalangan guru-guru Sekolah Kristen Calvin untuk ikut belajar dalam kelas yang sedang diajarkan oleh guru lain sebagai wujud semangat guru-guru untuk belajar dan mengembangkan diri. Hal-hal seperti ini tentunya sangat mendukung pencapaian visi Sekolah Kristen Calvin untuk membentuk karakter siswa karena guru-guru dapat menjadi teladan bagi siswa.

Guru-guru Sekolah Kristen Calvin berfoto bersama pembicara setelah selesai pelatihan.

Pak Edy, Guru Seni Rupa SD Kristen Calvin, menggambar di atas kanvas dalam sela-sela kunjungan Study Tour di Yogyakarta.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline