Lihat ke Halaman Asli

Feri Dianto

SD Negeri Trayeman 03

Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran

Diperbarui: 20 Januari 2023   15:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

deepai.org

Tutor sebaya dalam pembelajaran adalah suatu metode belajar yang menggunakan siswa yang lebih senior sebagai tutor bagi siswa yang lebih junior. Metode ini dianggap efektif karena siswa yang lebih senior memiliki pengalaman belajar yang lebih banyak dan dapat memberikan dukungan yang lebih baik bagi siswa yang lebih junior. Selain itu, tutor sebaya dapat membuat siswa yang lebih junior merasa lebih nyaman dan terbuka dalam belajar karena mereka merasa dapat berbagi pengalaman dengan seseorang yang seusia dengan mereka.

Metode ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa yang lebih junior karena mereka merasa lebih diterima dan diakui oleh siswa yang lebih senior. Selain itu, tutor sebaya dapat memberikan dukungan emosional dan sosial yang lebih baik bagi siswa yang lebih junior, yang dapat membantu mereka untuk mengatasi masalah yang mungkin dihadapi dalam belajar.

Tutor sebaya juga dapat membantu meningkatkan kemampuan sosial siswa yang lebih junior karena mereka harus bekerja sama dengan siswa yang lebih senior dalam belajar. Selain itu, tutor sebaya dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa yang lebih junior karena mereka harus berinteraksi dengan siswa yang lebih senior dalam belajar.

Namun, metode ini juga memiliki beberapa kendala. Siswa yang lebih senior mungkin tidak memiliki keterampilan mengajar yang baik atau mungkin tidak memiliki waktu yang cukup untuk menjadi tutor. Selain itu, siswa yang lebih junior mungkin merasa tidak nyaman untuk berbagi masalah dengan siswa yang lebih senior. Oleh karena itu, perlu diberikan pembinaan kepada siswa yang lebih senior agar dapat menjadi tutor yang baik dan perlu dijaga privasi siswa yang lebih junior.

Secara keseluruhan, metode tutor sebaya dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih junior. Namun, perlu diperhatikan kendala yang mungkin dihadapi dan perlu diberikan dukungan untuk memastikan metode ini dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, metode tutor sebaya juga dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa yang lebih senior. Siswa yang lebih senior yang menjadi tutor dapat belajar keterampilan mengajar, komunikasi, dan kepemimpinan melalui pengalaman menjadi tutor bagi siswa yang lebih junior. Mereka juga dapat belajar tentang tanggung jawab sosial dan profesionalisme melalui pengalaman menjadi tutor.

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi siswa yang lebih senior. Siswa yang lebih senior yang menjadi tutor dapat merasa lebih diakui dan dihargai oleh guru dan siswa lain, yang dapat meningkatkan motivasi mereka dalam belajar.

Implementasi metode tutor sebaya dalam pembelajaran perlu dilakukan dengan tepat agar dapat memberikan manfaat yang maksimal. Guru perlu merencanakan dan mengelola program dengan baik, termasuk menentukan siswa yang tepat untuk menjadi tutor dan memberikan dukungan yang diperlukan. Selain itu, guru perlu mengevaluasi hasil program secara teratur untuk memastikan bahwa metode ini dapat memberikan manfaat yang diharapkan.

Secara keseluruhan, metode tutor sebaya dalam pembelajaran dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa yang lebih junior dan siswa yang lebih senior. Namun, implementasi metode ini perlu dilakukan dengan tepat dan diikuti dengan evaluasi yang baik untuk memastikan hasil yang diharapkan dapat dicapai.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline