Lihat ke Halaman Asli

Ferian Mahardika

International Relations Student

Pasar Bebas pada Era Globalisasi

Diperbarui: 22 Maret 2023   03:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

grid.id

Globalisasi dapat diartikan sebagai istilah hubungan yang saling membutuhkan antarnegara di seluruh dunia. Hubungan tersebut dapat terbentuk oleh berbagai aktivitas contohnya perdagangan, investasi, budaya, dan banyak lagi bentuk-bentuk dari aktivitas hubungan antar bangsa. 

Globalisasi membawa banyak dampak bagi kehidupan manusia di seluruh dunia. Banyak perubahan-perubaha yang terjadi dikarenakan adanya globalisasi. Seperti halnya mudahnya arus komunikasi dan kemudahan memperoleh informasi, kemudian globalisasi juga berpengaruh terhadap perekonomian yang mana globalisasi memunculkan sistem perdagangan bebas yang mana hal ini menyebabkan musnahnya penghalang dalam perdagangan internasional. Salah satu penghalang yang dimaksud yakni mahalnya biaya ekspor impor yang mana hal ini tentu saja berpengaruh terhadap harga barang yang menjadi sangat mahal.  

Pasar bebas sendiri merupakan perdagangan yang terjadi denga melibatkan antar individu maupun perusahaan-perusahaan di negara yang berbeda dengan tidak adanya hambatan atau penghalang. Munculnya pasar bebas ini tentunya memiliki berbagai tujuan didalamnya, beberapa tujuan tersebut antara lain:

1. Meningkatkan pendapatan suatu negara

Dengan adanya pasar bebas akan dapat meningkatkan potensi jangkauan yang semakin luas, sehingga hal ini tentu saja berpengaruh terhadap pendapatan suatu negara, dikarenakan produk dari suatu negara tersebut dikenal lebih luas dan berpotensi menaikkan pedapatan suatu negara.

2. Memperluas jangkauan pasar

Hal ini tentu saja terjadi, apalagi pasar bebas membuat perdagangan antar negara tidak memiliki batasan-batasan yang mengikat dan merugikan, sehingga sangat mungkin bagi suatu negara untuk memperluas dagang mereka.

3. Terciptanya transfer of technology

Teknologi yang dimiliki negara-negara maju sangat berpotensi besar dapat dirasakan oleh negara lain dikarenakan adanya pasar bebas yang membuat berbagai teknologi dapat masuk ke dalam negara lain. Sehingga sangat memungkinkan bagi suatu negara untuk dapat menikmati teknologi dari negara yang sudah maju.

Tidak diragukan lagi jika globalisasi membawa segudang pengaruh terhadap segala aspek yang ada di kehidupan manusia. Tidak terkecuali perekonomian yang juga mendapatkan pengaruh dari adanya globalisasi ini. Seperti yang kita ketahui di era globalisasi ini teknologi juga berperan besar terhadap kemajuan zaman, hal ini tentu saja teknologi juga berperan terhadap perekonomian pula. Contohnya, saat ini banyak transaksi jual beli dilakukan secara online dengan memanfaatkan smartphone sebagai media transaksinya. Tidak hanya itu, pembayaran pun juga dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone yang kita miliki. Tentu saja contoh tersebut erat kaitannya dengan pasar bebas yang mana tidak adanya batasan yang ada, karena saat ini sangatlah mudah bagi kita untuk melakukan transaksi penjualan atau pembelian luar negeri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline