Lihat ke Halaman Asli

feren aldafa

mahasiswa

Memungut Sampah di RT 08 RW 05 Kecamatan Cimanggis, Depok Jawa Barat

Diperbarui: 9 Juni 2021   13:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membersihkan lingkungan hidup masyarakat merupakan sebuah bentuk pengabdian masyarakat. Kebersihan lingkungan hal yang sangat penting bagi kelangsungan  hidup masyarakat. Lingkungan yang bersih dapat menciptakan suasana yang nyaman, tenteram, sehat dan indah untuk dipandang. Sebaliknya lingkungan yang kotor dapat menimbulkan berbagai banyak masalah, dari tidak enak dipandang, membuat orang tidak nyaman, hingga menimbulkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan ini selain untuk memenuhi tugas Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk menciptakan lingkungan hidup yang sehat.

Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, bisa dimulai dari lingkungan rumah dan daerah sekitar kita. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memungut sampah yang berserakan di daerah sekitar rumah kita. Dalam penerapannya, pengabdian ini berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat, penulis berharap pengabdian masyarakat ini dapat menginspirasi dan mewujudkan lingkungan hidup yang sehat.

Kegiatan ini dimulai dari menyapu halaman rumah, memungut sampah disekitar rumah, lalu menelusuri gang rumah sekitaran rumah, jalanan kompleks perumahan. di gang sekitar rumah ditemukan banyak sampah plastik. hal ini dikarenakan banyaknya anak-anak kecil yang masih belom mengerti dan teredukasi dan tersedianya tempat sampah umum, sehingga mereka membuang sampah secara sembarangan. selain itu terdapat banayk coretan tidak berarturan di dinding-dinding rumah warga, hal ini sangat meruguikan masyarakat yang rumahnya di coret - coret tanpa izin, selain itu mengurangi nilai estitika lingkungan karena coretan tersebut bukan bertujuan memperindah tetapi merusak properti.

whatsapp-image-2021-06-09-at-1-50-10-pm-60c065bd8ede485ba957ec72.jpeg

Sedangkan didaerah kompleks perumahan, jalanan sudah terlihat sehat dan bersih dari sampah, terdapat beberapa tempat sampah yang tersedia untuk membuang sampah,. sehingga dalam wilayah yang ama, terdapat kesenjangan dan perbedaan. 

Harapan saya, kedepannya masyarakat dapat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan sehingga kehidupan yang nyaman, sehat, dan bersih akan tercipta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline