Lihat ke Halaman Asli

Ketahanan Nasional Ga Melulu Aparat

Diperbarui: 24 Juni 2015   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulutangkis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Vladislav Vasnetsov

Yak...Salam sejahtera buat kita semua yang ada di dunia kompasiana atau pun tidak ini.Disini saya mau membahas sesuatu yang disebut dengan "KETAHANAN NASIONAL".Ya bukan saya bermaksud untuk membenarkan atau pun membela suatu badan nasional tertentu yang ada di negara ini,tetapi saya bermaksud untuk meluruskan pola pikir sebagian orang yang menganggap bahwa Ketahanan Nasional itu selalu dikaitkan dengan aparatur negara ini.

Yak saya akan memulai dari PENGERTIAN KETAHANAN NASIONAL itu sendiri.Ketahanan Nasional adalah kondisi hidup dan kehidupan nasional yang harus senantiasa diwujudkan dan dibina secara terus-menerus secara sinergi. Hal demikian itu, dimulai dari lingkungan terkecil yaitu diri pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara dengan modal dasar keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan kekuatan nasional.Nah disini jelas kan arti dari ketahanan nasional itu seperti apa.Jadi kita sebagai warga negara pun harus saling membina suatu bangsa agar dapat memberikan suatu kesan ke negara lain bahwa negara kita ini sangatlah erat dan tidak mudah di cerai berai.

Namun, kita juga menghadapi fakta bahwa pada beberapa aspek lainnya, ketahanan nasional terkesan rapuh. Hal yang paling sering disoroti para ahli akhir-akhir ini adalah lemahnya ketahanan nasional di bidang ekonomi. Kekuatan asing tak hanya menguasai saham perusahaan-perusahaan terkemuka di dalam negeri, tetapi juga mengintervensi kebijakan di bidang ekonomi. Sistem nilai dalam budaya ketimuran juga nyaris sirna, diterjang cara pandang yang entah diadopsi dari mana.

Paling menakutkan adalah serangan narkotika dan obat-obatan (narkoba) terlarang terhadap generasi muda masa kini. Entah seperti apa masa depan ketahanan nasional, ketika generasi muda masa kini terus-menerus dilumpuhkan oleh narkoba. Jangan pernah menyalahkan orang luar, karena sekelompok orang dalam masyarakat kitalah yang menjadi pemeran utama dalam proses penghancuran masa depan generasi muda kita masa kini.

Karna suatu masalah tersebut untuk menututp nutupi maka beberapa orang selalu mencari kambing hitam dengan mengaitkan bahwa ketahanan nasional itu dicerminkan oleh aparatur negara ini.Padahal sudah jelas bahwa yang membuat ketahanan nasional itu lemah adalahdiri kita sendiri yang terlalu dan terus menerus berusaha mengikuti budaya kebarat baratan yang jelas kurang cocok bagi negara kita ini.

Nah marilah kita para kaum kaum penerus bangsa untuk tidak terpengaruh suatu kebudayaan yang dapat menghancurkan ketahanan nasional bangsa kita sendiri.Agar kelak bangsa kita ini dapat dipandang dan tidak dianggap remeh oleh bangsa bangsa lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline