Lihat ke Halaman Asli

Pencemaran Kali Ciliwung

Diperbarui: 10 Januari 2023   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Sungai Ciliwung membentang sepanjang 120 kilometer (km) yang melintasi Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, dan Jakarta. Oleh karna itu sungai ciliwung menjadi salah satu sungai terpanjang di pulau jawa. Ada banyak manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitaran aliran sungai ini, salah satunya adalah pengairan sawah dan sumber air bersih. namun sekarang sungai ciliwung seolah menjadi momok menakutkan dan menjadi sarang penyakit akibat pencemaranya.

 Hal ini terjadi karena kebiasaan masyarakat yang sering membuang limbah rumah tangga ke area pinggiran maupun ke sungainya langsung, menyebabkan penumpukan sampah serta pendangkalan dasar sungai yang cukup parah. kini sungai ciliwung menjadi salah satu sungai yang paling kotor di indonesia akibat pencemarannya, serta acap kali menjadi penyebab banjir di wilayah JABODE dan sekitarnya. 

penanganan sudah sering di lakukan oleh pemprov DKI Jakarta namun masalah tidak pernah selesai, padahal kisruh sungai ciliwung bukan hal yang baru di mata orang orang. Sudah sangat sering menjadi janji manis kampanye calon pemimpin jakarta dari waktu ke waktu.

Lantas apa yang bisa kita lakukan?

memberi edukasi bagi masyarakat agar lebih peka dan paham akan pentingnya menjaga kebersihan aliran sungai dan tidak membuang sampah ke sungai, serta menerapkan sanksi kepada siapa saja yang kedapatan membuang sampah ke sungai agar mendapatkan efek jera.

program pemanfaatan sungai juga bisa menjadi solusi dari permasalahan ini, salah satunya membuat sarana prasarana masyarakat di sekitaran sungai ciliwung ini agar ada perawatan berkelanjutan dari pemprov secara serius untuk sungai ini. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline