Lihat ke Halaman Asli

Julaiman

Blogger

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Diperbarui: 29 Mei 2023   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Manfaat Buah Pisang Yang Harus Kamu Tahu - Kita semua pasti pernah mendengar dan bahkan memakan Buah Pisang yang ternyata Pisang itu buah surga (QS 56 (al Waaqi'ah): 29), dan tampaknya karena menjadi buah surge maka pisang telah disiapkan menjadi obat alami untuk berbagai Penyakit yang telah dibuktikan dengan banyaknya hasil penelitian tentang hal tersebut. Setelah membaca ini, Anda tidak akan pernah melihat pisang dengan cara yang sama lagi.


Pisang mengandung tiga gula alami yang sangat penting dalam kehidupan yaitu: sukrosa, fruktosa dan glukosa. Disamping itu Pisang juga mengandung Serat pangan yang sangat berguna bagi sistim pencernaan makanan. Sebuah pisang memberikan dorongan instan pada pecernaan secara berkelanjutan dan energi substansial. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan hanya dua buah pisang akan memberikan energi yang cukup untuk sebuah latihan berat selama 90 menit.

Tidak heran mengapa pisang adalah buah nomor satu bagi kebanyakan atlet terkemuka di dunia. Supply energi bukan satu-satunya yg didapat dari pisang tetapi pisang dapat membantu kita agar tetap fit. Hal ini juga dapat membantu mengatasi atau mencegah dan mengatasi sejumlah besar penyakit dan kondisi badan yang kurang fit, sehingga pisang merupakan suatu keharusan untuk melengkapi diet harian.

1. Beberapa Manfaat Buah Pisang

Mengurangi Depresi

Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yang akan membuat anda menjadi relax, memperbaiki suasana hati (mood) dan secara umum akan membuat seseorang merasa lebih nyaman.

Bagi Penderita Diabetes

Makanlah pisang setiap hari. Karena Vitamin B 6 terkandung dalam pisang akan mengontrol tingkat glukosa darah anda dan akan mempengaruhi suasana hati Anda.

Bagi Penderita Anemia

Pisang mengandung Zat Besi Tinggi, pisang juga dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu banyak membantu dalam berbagai kasus anemia (kurang darah).

Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline