Lihat ke Halaman Asli

M Ferdinan Nurwahid

Bidang Penelitian dan Penalaran LTMI PB HMI

Dimensi Etika Politik Manusia

Diperbarui: 8 Juli 2024   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Etika politik merupakah falsafah moral mengenai dimensi poltis kehidupan manusia. Pertama dalam hal ini etika politik ditempatkan kedalam kerangka filsafat pada umumnya. kedua kebijakan dimaksudkan dengan dimensi politis manusia. Ketiga dipertangguang jawabkan, etika politik yang dipertanggung jawabkan dengan metode pendekatan etik poltik terhadap dimensi politis manusia.

Dalam hal kebutuhan hidup manusia mengembangkan seperangkat ilmu pengetahuan yang bersumber pada kenyataan bahwa ia memerlukannya. Kebutuhan manusai tersebut dalam mengembangkan kemampun pengetahuannya merupakan kebutahan mutlak agar manusia dapat mewujudkan kehidupan yang dapat memuaskannya. Ilmu pengetahuan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pengetahuan manusia. 

Melalui pengetahuan manusia mengorganisasikan pengetahuan agar dapat dipergunakan lebih efektif. Ilmu pengetahuan juga dapat menyusun pengetahuan manusia secara sistematik dengan metode-metode untuk menambah, memeperdalam dan membetulkannnya. Demi tujuan tersebut, ilmu pengetahuan harus membatasi diri pada bidang-bidang tertentu dengan mengembangkan metode-metode setepat dan sebaik mungkin pada bidangnya masing-masing.

Dimensi Politis manusia, merupakan bidang pembahasan etika politik yakni suatu faham yang seimbang antara manusia berhadapan dengan individualisme yang memandang sifat sosial manusia sebagai suatu yang sekunder, dengan kolektivisme yang melihat individu sebagai sekedar sarana bagi masyarakt sebagai keseluruhan yang dimana sebagaimana individu manusia bermasyarakat.

Dalam membentuk kerangka dimensi kesosialan manusia, dimensi politik mencakup kelembagaan hukum dan negara dalam sistem-sistem dan nilai serta ideolgi yang memberikan legitimasi kepadanya. Pendekatan yang dilakukan oleh manusia berifat politis, sehigga pendekatan tersebut terjadi dalam kerangka acuan yang berorientasi pada masyarakat sebagai keseluruhan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline