Lihat ke Halaman Asli

Fera Vania

Mahasiswa KKN

KKN Tematik UPI: Upaya Peningkatan Penggunaan Komputer dan Microsoft Word sebagai Media Literasi Digital bagi Masyarakat Desa Pakuhaji

Diperbarui: 6 Februari 2022   12:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Fera Vania (1909837)

Pendidikan Teknik Elektro

Kelompok KKN 9

DPL Dra.Katiah, M. Pd.

KKN Tematik UPI : Upaya Peningkatan Penggunaan Komputer dan Microsoft Word sebagai Media Literasi Digital bagi Masyarakat Desa Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat    

Pakuhaji Bandung Barat –  Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang tergabung dalam KKN Tematik Literasi Digital dari kelompok 9 melakukan penyuluhan dan peningkatan tentang media literasi digital di daerah Desa Pakuhaji. Kegiatan ini ditujukan kepada masyarakat dan salah satunya  kepada Ketua RW Desa Pakuhaji, Kecamatan Ngamprah ,Kabupaten Bandung Barat. Tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat dan para remaja tidak ketiggalan dengan era digital penggunaan komputer sebagai media literasi digital .

Pandemi covid-19 menyebabkan KKN Tematik kali ini dilaksanakan secara individu di desa masing-masing dengan tetap mematuhi SOP covid-19. Hal yang paling umum dilakukan di KKN Tematik ini adalah memberikan wujud aktivitas Tridharma Perguruan Tinggi yang pada prakteknya memotivasi masyarakat kearah peningkatan berswadaya, gotong royong, self planning, self action, dan self evaluation, dalam upaya pembangunan masyarakat serta peningkatan mengenai literasi digital ini.

Sesuai dengan aturan covid-19 yaitu dirumah saja, maka mahasiswa KKN melakukan penyuluhan dengan mengunjungi rumah-rumah warga salah satunya yaitu masing-masing Ketua RW di Desa Pakuhaji ini  dengan sosialisasi di Desa pun . Sehubungan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tema Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia. Saya melakukan penyuluhan tentang Upaya Peningkatan Penggunaan Komputer dan Microsoft Word sebagai Media Literasi Digital di group whatsapp dengan menshare berupa modul dan video agar mudah dipahami oleh kader didaerah Desa Pakuhaji salah satunya bagi para Ketua RW.  Dan saya juga terjun langsung ke wilayah di Desa Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat untuk membantu masyarakat di Desa ataupun masyarakat dan para Ketua RW dalam kegiatan sosialisasi serta sekaligus memberikan penyuluhan tentang Literasi Digital dan Penggunaan Komputer dan Microsoft Word sebagai  Media Literasi dan sosialisasi di masa pandemi ini dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat dan peningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai urgensi Literasi Digital ini.

Kegiatan Berlangsung selama 1 Bulan dan menyesuaikan dengan jadwal yang ada di Desa dan dimasing-masing wilayah. Dengan diadakannya KKN Tematik Literasi Digital ini mampu membantu masyarakat di daerah yang berdampak 3T ini menjadi lebih sadar bahwa penting dalam memahami literasi digital serta memiliki pengetahuan lebih tentang potensi media sosial di masa pandemi yang sekarang masih berlangsung.

Sebelumnya kelompok 9 telah melakukan sosialisasi dan survey terlebih dahulu untuk menentukan media apa yang akan digunakan untuk menunjang kegiatan KKN secara efektif di wilayah Desa Pakuhaji agar lebih menarik dan memikat agar program KKN ini berjalan dengan selarasnya dan tujuannya pun tersampaikan. Kelompok 9 juga memberikan edukasi dan demonstarsi tentang penggunaan media media digital untuk para Ketua RW dan masyarakatnya. Tak hanya itu, edukasi dan demontrasi secara online juga dilakukan melalui media sosial dikirim di Group Whatsapp.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline