Lihat ke Halaman Asli

Rebahan Cuan Mengalir: Gen Z dan Dunia Kewirausahaan Digital

Diperbarui: 18 November 2024   01:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Pendahuluan

 Siapa bilang rebahan itu sia-sia? atau Pernahkah kamu membayangkan bisa menghasilkan uang sambil rebahan di kasur ? apa mungkin dengan cara ini  bisa menghasilkan uang  ? Bagi generasi Z ,ini bukan hal yang asing untuk didengar dan bukan hanya sekedar mimpi.  Di era digital seperti sekarang, rebahan bisa saja jadi pintu gerbang menuju kesuksesan finasial. Generasi Z,yang mana sudah tidak asing lagi dengan teknologi sejak kecil,bisa  membuktikan bahwa menghasilkan uang sambil bersantai di rumah sangat mungkin dilakukan. Dengan kreativitas dan memanfaatkan beberapa platfrom digital serta kekuatan media sosial di zaman sekarang,banyak anak muda sukses membangun bisnis online yang menguntungkan . ''Lantas apa rahasia dibalik suksesnya? Apa saja potensi bisnisnya ? Tantangan yang dihadapi? Serta Solusinya!Untuk itu Mari kita bahas lebih lanjut."

Mengenal Siapa Itu Generasi Z 

Generasi Z adalah generasi yang  lahir  pada pertengahan 1990-an hingga pertengahan 2000-an,yang dimana rentang usia gen z berada di usia 15-25 tahun. Generasi ini banyak mendapat perhatian public sebagai generasi pengusaha baru,dibandingkan dengan generasi sebelumnya generasi Z memiliki akses yang jauh lebih mudah terhadap teknologi dan informasi. hal ini sangat memungkinkan mengembangkan bisnis dengan lebih cepat serta efisien. untuk itu tidak heran lagi banyak startup sukses saat ini yg didirikan oleh anak muda. sebuah survei terbaru menunjukan bahwa lebih dari 70% generasi Z yang tertarik untuk menjadi pengusaha dengan memulai bisnis sendiri. 

Keterkaitan Kewirausahaan dengan Gen Z 

Kewirausahaan mendorong generasi muda untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam mencari solusi atas berbagai masalah .Dengan berwirausaha generasi muda akan belajar untuk bertanggung jawab atas keputusan dan tindakan yg dilakukan. Dengan menciptakan bisnis sendiri ,generasi Z dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain sehingga bisnis yang didirikan oleh generasi Z suatu saat dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Keterkaitan ini diawali karena adanya minat yang tinggi terhadap teknologi dimana mampu dalam memanfaatkan teknologi digital dalam berwirausaha di era modern.Tumbuh di era media sosial membuat Generasi Z memiliki keterampilan komunikasi yang sanagt baik. Generasi Z  juga cenderung lebih menyukai pekerjaan yang memiliki sifat fleksibilitas yang sama sekali tidak terkait aturan serta  memiliki tujuan yang jelas dan ingin mencapai kesuksesan dalam waktu yang relatif singkat.

Potensi Bisnis Online Bagi Gen Z 

Generasi Z, yang lahir di era digital memiliki keunggulan unik serta potensi yang cukup besar dalam memulai dan menggembangkan bisnis. Berikut beberapa peluang yang perlu kamu eksplor:

. Content Creator :Ini merupakan  salah satu pekerjaan yang banyak  diminati oleh generasi Z (Gen Z) karena berbagai alasan .Dengan menjadi Youtuber,Tiktoker,atau influenzer diberbagai platfrom media sosial lainnya.

. Affiliate Marketing         : Dengan  cara mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjulan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline