Lihat ke Halaman Asli

Fera Yuniana

Mahasiswa UNPAR

Tema 2: Cinta Kasih Dalam Kebenaran Sebagai Pribadi yang Merdeka

Diperbarui: 8 September 2022   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

UNPAR - Fera Yuniana (6112201071)

Ada pun poin-poin yang saya pahami tentang Cinta Kasih Dalam Kebenaran Sebagai Pribadi yang Merdeka:

  1. Tentang free rider

  • Menurut saya, free rider adalah penumpang gratis. Namun, konteks yang saya maksud kali ini adalah dalam dunia perkuliahan. Free rider dalam dunia perkuliahan diartikan sebagai seseorang yang tergabung dalam kelompok kerja sama/team tetapi tidak mengikuti kegiatan kerja sama tersebut. Free rider mendapatkan keuntungan karena tetap mendapatkan hasil diskusi kelompok, namun tidak mengikuti kegiatan diskusi tersebut.

  • Biasanya, ada beberapa alasan mengapa seseorang menjadi free rider. Yang paling sering adalah karena adanya rasa malas dan kurangnya motivasi untuk mengikuti kegiatan berkelompok. Namun, ada juga yang harus menjadi caregiver bagi keluarga/orang terdekatnya, dan masih banyak alasan lain mengapa seseorang menjadi free rider

  1. Cara mengatasi dan menghadapi free rider

  • Kita harus sadar diri dalam bekerja kelompok. Jika kita tidak ada rasa sadar diri sedikit pun, maka teguran pun kadang menjadi sia-sia. KIta harus sadar bahwa itu tugas berkelompok bukan tugas individu. Tugas yang menyangkut banyak orang. Apapun resiko nya, maka harus ditanggung bersama.

  • Kita juga tidak boleh egois dalam bekerja kelompok. Menurut saya, bisa saja seseorang menjadi free rider karena kita yang terlalu egois dalam mengambil tugas sampai orang tersebut malas untuk bekerja kelompok dengan kita. Karena mereka menganggap diri mereka tidak berguna.

  • Kita harus menegur teman yang menjadi free rider secara baik-baik. Jangan sekali-kali menegur teman dengan cara yang keras karena itu akan membuat dia semakin tidak nyaman dan aman. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk kita lakukan.

  • Tidak boleh menjerumuskan teman yang menjadi free rider. Walaupun menjadi free rider, kita tidak boleh menjerumuskan mereka karena perbuatan tersebut sangatlah toxic. Alangkah baiknya kita membiarkannya saja jika teguran tidak berfungsi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline