Lihat ke Halaman Asli

Promosi Potensi Desa Kelurahan Kedungwuni Timur Melalui KKN Tematik Undip X Exovillage

Diperbarui: 28 Desember 2021   08:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Replika Ka'bah Kedungwuni

Kedungwuni Timur merupakan salah satu Kelurahan yang ada di Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah yang memiliki beragam potensi. Namun sayangnya potensi yang dimiliki desa ini kurang terekspose karena kurangnya pengetahuan mengenai literasi digital. 

Oleh karena itu saya Feny Ratna Fadlila Mahasiwa KKN Tematik Undip X Exovillage Tahun 2021 ikut berpartisipasi aktif dalam menggencarkan program pemberdayaan potensi desa di Kelurahan Kedungwuni Timur. Program ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan potensi yang ada di desa dengan mengedepankan pada literasi digital di masa modern sekarang ini.

Gedung Asrama Brimob (Rumah Hoo Tjien Siong) 

Dalam upaya promosi desa, saya menggunakan website exovillage sebagai perantara memperkenalkan potensi yang dimiliki desa. Exovillage sendiri merupakan platform yang bergerak di bidang transformasi digital pedesaan dengan cara digitalisasi potensi pariwisata, budaya, ekonomi kreatif, dan UMKM. 

Dengan promosi digital tersebut, diharapkan potensi yang dimiliki Kelurahan Kedungwuni Timur dapat terekspose secara meluas, sehingga dapat menunjang perekonomian masyarakat menjadi lebih baik.

Pasar Kedungwuni

Program ini bekerjasama dengan kader, yang mana kader tersebut akan diberikan pelatihan oleh Tim Exovillage yang nantinya diharapkan dapat memantau sekaligus melanjutkan program-program KKN dari mahasiswa. 

Selain itu, mahasiswa juga membuat Roadmap lima tahun kedepan sebagai upaya dalam mengarahkan pengembangan potensi yang terdapat di desa masing-masing. Dengan adanya roadmap tersebut, diharapkan desa mampu memahami arah pengembangan potensi desa di masa mendatang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline